PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA ULANG SISWA KELAS XI SMAN 3 BOGOR

Siti Mariyam

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang serta kendala yang dialami oleh siswa kelas XI SMAN 3 Bogor dalam menulis teks cerita ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 3 Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 8 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang terbukti kebenarannya. Nilai rata-rata prates di kelas eksperimen 79,02 yang menunjukkan taraf mampu. Setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri, siswa mengalami peningkatan pada nilai postes dengan nilai rata-rata 91.71 yang menunjukkan taraf sangat mampu. Sementara itu, nilai rata-rata prates di kelas kontrol yaitu 80,01 dan nilai rata-rata postes dengan menggunakan model group investigation yaitu 88,01. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan rumus uji t, diperoleh harga to =3,1 dan d.b. = 60 dengan tt taraf signifikansi 5% sebesar 1,67 dan tt taraf siginifikansi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,1>2,39. Hasil tersebut menunjukkan keberhasilan dalam penelitian karena to jauh lebih besar daripada tt. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang melalui model pembelajaran inkuiri terbukti kebenarannya. Hasil angket menunjukan bahwa 22 siswa atau 73% mengalami kendala dalam menggunakan pengacuan alat kohesi, 20 siswa atau 67% ketika mengembangkan kerangka teks cerita ualng menjadi teks yang utuh, dan 17 siswa atau 57% ketika melakukan identifikasi masalah dalam pembelajaran teks cerita ulang. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran model inkuri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang. Meskipun terdapat kendala dalam prosesnya, hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai siswa.

 

Kata kunci : Keterampilan Menulis Teks Cerita Ulang, Model Pembelajaran Inkuiri.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.