HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS CERPEN DENGAN KETERAMPILAN MENGONVERSI TEKS NEGOSIASI KE DALAM BENTUK CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BOGOR

Siti Maya

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca kritis cerpen dengan keterampilan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Penelitian ini melibatkan 36 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes keterampilan membaca kritis cerpen dan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara keterampilan membaca kritis cerpen dengan keterampilan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen terbukti kebenarannya. Berdasarkan penelitian diperoleh  keterampilan membaca kritis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor berada pada taraf baik. Nilai rata-rata hasil tes keterampilan membaca kritis cerpen sebesar 82. Nilai tertinggi 93 berada pada taraf kualifikasi sangat baik, sedangkan nilai terendah 63 pada kualifikasi cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor sudah menguasai keterampilan membaca kritis cerpen. Keterampilan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen sudah sangat baik. Nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 88. Nilai tertinggi 98 pada kualifikasi sangat baik sedangkan nilai terendah 63 pada kualifikasi cukup. Sehingga setelah dikorelasikan menggunakan rumus Product Moment Pearson diketahui terdapat hubungan positif antara keterampilan membaca kritis cerpen dengan keterampilan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Bogor. Kekuatan hubungan tersebut berdasarkan hasil perhitungan analisis data menggunakan rumus Product Moment Pearson, diperoleh nilai koefisien nilai (rxy) dengan sampel (N=36) sebesar 0,45 pada interval koefisien 0,40-0,70 dengan tingkat hubungan cukup atau sedang. Pengujian hasil koefisien korelasi (rxy) pada Product Moment Pearson dapat dihubungkan dengan tabel korelasi Product Moment (rtabel) dengan N=36. Pada rtabel diketahui taraf 5% dan 1% terhadap df 36 adalah 0,329 dan 0,424. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup atau sedang antara keterampilan membaca kritis cerpen (X) dengan keterampilan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk cerpen  (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Ha diterima dan H0 ditolak.

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Kritis, Keterampilan mengonversi teks negosiasi

 

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.