MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK TINGKAT TAMAN KANAK-KANAK MENGGUNAKAN METODE CANTOL ROUDHOH

Dimas Kurnia Oetama, Soewarto Hardhienata, Herfina -

Abstract


Dalam era globalisasi informasi dan teknologi seperti sekarang ini, Desain Komunikasi Visual
berperan penting dan tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari,
dimanapun akan dijumpai bentuk-bentuk dari Desain Komunikasi Visual. Metode
pembelajaran menggunakan animasi menjadi daya tarik tersendiri untuk anak, khususnya TK.
Animasi sangat efektif dijadikan media pembelajaran, bila menggunakan metode
pembelajaran dengan metode live membuat anak sulit untuk mengerti, maka animasi akan
sangat membantu. Dengan animasi, metode pembelajaran secara visual dapat direkayasa
sedemikian rupa hingga bisa menarik perhatian anak. Alasan utama dari penggunaan animasi
adalah agar lebih efektif dalam pembelajaran anak. Tujuan dari kajian skripsi ini adalah
membuat media pembelajaran interaktif untuk tingkat Taman Kanak-Kanak menggunakan
metode cantol roudhoh. Manfaat yang diperoleh dari aplikasi ini diantaranya yaitu meningkatkan
kreatifitas anak dalam belajar, meningkatkan kualitas belajar siswa atau anak, serta efektif dan
optimal. Cantol roudhoh merupakan metoda yang dikembangkan berdasarkan prinsip
“Bermain sambil Belajar” dengan memaksimalkan aspek Visual, Auditorial dan kinestetik
yang didalamnya terdapat unsur warna , gambar nada, irama dan rasa nyaman. Aspek tersebut
dipadukan dengan menghapal cepat yaitu “metoda cantol” yang dikembangkan dalam
Quantum Learning. Aplikasi ini berisikan pengenalan-pengenalan nama kebutuhan manusia,
binatang, dan tanaman dimana mengajarkan membaca huruf dan disertai permainan untuk
melatih daya ingat siswa atau anak.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Cantol Roudhoh, Adobe Flash

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.