PENERAPAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM PEMETAAN LOKASI BANGUNAN CAGAR BUDAYA BERBASIS WEB (Studi Kasus : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Bogor)

Rahmat Hidayat, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Herfina -

Abstract


Cagar Budaya menrupakan benda buatan manusia, bergerak atau tidak bergerak, yang berupa kesatuan atau kelompok, atau bagian-bagian atau sisa-sisanya, yang berumur sekurang-kurangnya 50 tahun atau mewakili masa gaya yang khas dan mewakili masa gaya sekurang-kurangnya 50 tahun, serta di anggap mempunya nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. Sistem Informasi Geografis Bangunan Cagar Budaya Di Kota Bogor merupakan suatu web gis yang menamplkan informasi berupa peta kota bogor, disertai dengan titik-titik lokasi bangunan cagar budaya di Kota Bogor. adapun dalam pengembangnanya dengan menggunakan metode SDLC dan di buat dengan perangkat lunak yaitu Adobe Dreamwefer Cs6 dan xampp dan di tunjang dengan bahasa pemrograman php, javascript, dan google maps API. Sistem Informasi geografis ini memeiliki beberapa fasilitas yaitu halaman utama menampilkan peta kota bogor beserta titik-titik lokasi bangunan cagar budaya, laman pencarian rute di situ berfungsi untuk mencari lokasi tempat yang akan di tuju dengan cara mengketikan alamat tujuan pada text box, halaman pencarian untuk mencari lokasi bangunan, dan halaman daftar bangunan yang menampilkan seluruh lokasi bangunan cagar budaya yang ada kota bogor.
Kata Kunci : Cagar Budaya, GIS, Google Maps API, PHP,Java Script.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kota Bogor merupakan salah satu dari beberapa kota yang ada di Indonesia yang mempunyai kekayaan sejarah yang begitu besar, begitu banyak peninggalan sejarah yang ada di kota bogor , untuk itu sangat di sayangkan apabila benda-benda peninggalan sejarah di biarkan begitu saja tanpa adanya perhatian dari masyarakat. Dengan Sistem informasi geografis yang di buat ini maka akan memudahkan masyarakat yang ada di kota bogor untuk mengetahui lokasi tempat bangunan cagar budaya yang ada di Kota Bogor. Perancangan sistem

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.