MEDIA INTERAKTIF BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE SAM’IYAH SYAFAWIYAH (Aural-Oeal Approach) BERBASIS MUTIMEDIA

Dea Stefani Putri, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Herfina -

Abstract


Bahasa arab adalah bahasa Al-Quran, bahasa yang seharusnya dipelajari dan dipahamioleh semua orang sebagai umat muslim. Bahasa arab sudah sepatutnya di perkenalkanA kepada anak-anak usia dini sebagai langkah awal untuk dapat lebih mencintai Al-Quran. Perlu diketahui bahwa salah satu penunjang seseorang dapat memiliki kemampuan berbahasa arab adalah penguasaannya terhadap kosa kata bahasa arab (mufradat). Aplikasi media pembelajaran ini merupakan alat bantu bagi para siswa agar bisa lebih memahami pelajaran bahasa arab khususnya pada materi kosa kata. Aplikasi ini berbasis multimedia yang dibuat menggunkan Adobe Flash CS5 Professional menggunakan metode Sam’iyah Syafawiyah. Pada media pembelajaran ini terdapat materi yang ada pada bab materi 1 dan 2 kelas 2 tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), materi alat transportasi, profesi, binatang dan buah-buahan lalu terdapat soal mengenai materi 1 dan 2. Dengan demikian para siswa bisa mempelajari kembali materi bahasa arab dirumahnya masing-masing untuk lebih memahami mengenai materi kosa kata tersebut.
Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia, syam’iyah syafawiyah, bahasa arab

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.