Pengenalan Suara

Vincent Jeremy Ifle, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Andi Chairunnas

Abstract


Pengenalan Suara saat ini masih menjadi tantangan para ilmuan komputer untuk terus menggali agar dapat menciptakan mesin yang dapat memahami bahasa alami manusia dan berinteraksi secara interaktif serta diharapkan dapat membantu pihak yang memiliki keterbatasan indera.
Penelitian ini akan membuat suatu sistem pengenalan suara dari pembicara tunggal yang hasilnya menampilkan berupa frekuensi. Ucapan suara diolah menggunakan teknik pengolahan sinyal digital dengan menggunakan ektraksi ciri untuk mengatasi kebocoran sinyal pada domain waktu. Kemudian dilakukan proses pengambil keputusan menggunakan fuzzy c mean (FCM) untuk proses pengenalan suara dan menampilkan proses selanjutnya persentasi.
Implementasi pengenalan suara secara online dibantu dengan menggunakan fungsi pada matlab 2010 sehingga memudahkan dalam proses pembentukan frekuensi suara.
Pengujian dilakukan dengan memasukan 20 nilai frekuensi suara yang kemudian di proses dengan mengklasifikasi menggunakan fuzzy c- mean (FCM) sehingga menghasilkan akurasi 65% dalam proses pengenalan suara.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.