SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE Simple Additive Weighting (SAW) (Studi kasus : PT. Unitex Tbk Bogor)

Pemi Akbar, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Arie Qur'ania

Abstract


Sistem pennilaian kinerja karyawan ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam proses penilaian karyawan. Sistem ini dirancang dengan memanfaatkan sistem yang terdapat pada komputer yaitu sistem penunjang keputusan (SPK) dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW merupakan metode penjumlahan terbobot, konsep dari metode ini adalah mencari penjumlahan terbobot dari penilaian kinerja setiap bobot semua kriteria dengan proses perhitungan matematis.
Pada penelitian ini dirancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk memberikan kemudahan dalam proses penilaian kinerja karyawan. Konsep metode SAW adalah mencari nilai rating tertinggi dari hasil penjumlahan terbobot dari nilai alternatif pada setiap kriteria dengan perhitungan secara matematis. Kriteria yang digunakan dalam penyeleksian dengan metode SAW ini adalah kriteria kemampuan kerja, hubungan manusia, tanggung jawab kerja, kedisiplinan, kreativitas kerja, pencapaian target, dan absensi.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Merode Simple Additive Weighting (SAW).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.