Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Calon Peserta Diklat Kearsipan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus : PUSDIKLAT ANRI BOGOR

Mulyasidi -, Sri Setyaningsih, Aries Maesya

Abstract


PUSDIKLAT KEARSIPAN ANRI BOGOR merupakan suatu institusi pemerintahan yang menyelenggarakan kegiatan diklat fungsional kearsipan. Dalam setiap penyelenggaraan diklat dari pihak Pusdiklat sebelumnya melakukan tahap seleksi bagi calon peserta yang ingin mengikuti diklat tersebut.
Proses seleksi calon peserta diklat yang dilakukan bersama dengan Pimpinan Pusdiklat dengan berdasarkan kriteria-kriteria yang terdapat pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/3/M.PAN/3/2009 Tentang Jabatan Fungsional Arsiparis. Ada kalanya dalam penyeleksian ini panitia keliru dalam tahap penilaian karena banyaknya peserta yang mendaftar, selain dari kekeliruan tersebut ada faktor yang sangat mempengaruhi hasil seleksi yaitu masih adanya penilaian yang bersifat subyektif. Untuk mendapat hasil yang terbaik dalam proses seleksi penerimaan calon peserta diklat ini dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan dengan menggunkan metode Simple Additive Weighting (SAW) karena metode SAW dapat mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut, dan bertujuan agar dapat memberikan hasil seleksi yang bersifat obyektif dan sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh Pemerintah meliputi pendidikan, usia, golongan, dan juga instansi.
Kata Kunci : Seleksi Penerimaan Calon Peserta Diklat, Simple Additive Weighting (SAW).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.