APLIKASI PEMBELAJARAN STATISTIK SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Krisnandi Aditia, Tjut Awaliyah Zuraiyah, Herfina -

Abstract


Informasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk buku membuat seorang siswa cenderung merasa bosan, karena media pembelajaran yang ditampilkan hanya berupa teks yang tidak dapat divisualisasikan. Hal ini dapat menyebabkan seorang siswa akan cepat merasa jenuh dan minat belajar pun akhirnya dapat berkurang. Multimedia memungkinkan cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut
Proses pembelajaran selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yaitu pendidik memberikan ceramah secara teoritis kepada peserta didik, memberikan tugas kemudian memberikan tes akhir begitulah aktivitas ini berjalan terus menerus. Terkadang banyak dari peserta didik yang kurang memahami dengan materi yang disampaikan oleh pendidik, berbagai alasan menjadi penyebabnya diantaranya, kurangnya konstrasi, suasana yang tidak kondusif dan tidak semua peserta didik yang memiliki daya tangkap yang baik dan cepat, tentu hal ini akan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal.
Media aplikasi merupakan penyajian atau penggabungan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu sehingga pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi. Multimedia aplikasi dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran, baik dalam kelas maupun sendiri-sendiri. Sehingga pembelajaran pun akan lebih menarik dan menyenangkan
Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.