PROTOTIPE ALAT PENILAIAN BURUNG BERKICAU (Love Bird) MENGGUNAKAN SENSOR SUARA BERBASIS ARDUINO UNO

Ardi Dwi Saputra, Soewarto Hardhienata, Agung Prajuhana Putra

Abstract


Di dalam dunia hobi saat ini burung berkicau termasuk salah satu hobi yang sangat banyak peminatnya, Burung berkicau ini memiliki keunikan tersendiri salah satunya yaitu burung love bird yang sebagian besar para penghobi burung memiliki burung tersebut dikarnakan burung tersebut memiliki julukan burung yang paling jujur di area pameran burung berkicau. Agar menjadi burung yang berkualista para penghobi harus merawat dan melatihnya dengan baik agar bisa menjadi burung yang layak mendapatkan prestasi. Disamping itu dalam ajang pameran burung ini banyak keluhan para pemain burung ketika di lombakan dikarnakan sistem penilaian bung berkicau ini masih manual yaitu menggunakan panca indra yang di miliki oleh manusia diantaranya pedengaran dan penglihatan.
Maka, dibuthkanlah suatu alat penilaian burung berkicau (Love Bird). Sehingga tercapai suatu kepuasan pada para pemain burung ketika ajang pameran burung berkicau berjalan. Alat penilaian burung ini berfungsi sebagai pengotrolan suara burung yaitu menggunakan sensor suara yang mampu mendetksi suara burung ketika sedang bersuara. Dalam menentukan penilaian tersebut sensor akan bekerjasama dengan Arduino UNO dan seven segment sebaga hasil akhir outpunya.
Dengan alat ini, penilaian burung berkicau (Love Bird) sudah tidak memakai pancaindra yang di miliki oleh setiap manusia. Penentuan suara yang akan di tentukan oleh sensor ini akan lebih efektif, suara burung yang terdengar maka.
Kata Kunci :Burung Berkicau, Sensor Suara, Arduino Uno

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.