Model Sistem Keamanan Kendaraan Menggunakan Smartphone Android dan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler ATMega328

Faizal Kurniawan Pratama, Soewarto Hardhienata, Andi Chairunnas

Abstract


Kasus pencurian kendaraan bermotor seringkali terjadi, berdasarkan data yang dihimpun CNN Indonesia pada awal tahun 2015 menunjukkan bahwa kasus-kasus pencurian kerap terjadi di Jakarta sepanjang 2014. Tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor terjadi karena masih kurangnya sistem keamanan kendaraan yang efektif, cenderung masih menggunakan sistem keamanan dengan kunci ganda. Selain itu kurangnya pengawasan dari pemilik kendaraan menjadi faktor sering terjadinya kasus pencurian.
Dengan dibuatnya sistem keamanan kendaraan ini diharapkan kendaraan yang terparkir dapat dimonitor dan dikontrol dengan menggunakan smartphone android yang terintegrasi dengan mikrokontroler, dimana nantinya kendaraan yang terparkir di depan rumah dapat dimonitor oleh aplikasi android.
Sistem keamanan kendaraan ini bekerja berdasarkan inputan berupa ultrasonik yang diproses melalui mikrokontroler Atmega328 yang dapat dimonitor oleh aplikasi android, bila kendaraan bergerak keluar tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan maka sistem keamanan akan memberi alert atau peringatan melalui aplikasi android dengan komunikasi bluetooth. sehingga pemilik kendaraan dapat menghentikan laju kendaraan yang dicuri dengan hanya mengklik button pada aplikasi android yang terhubung pada perangkat relay yang dipasangkan di kendaraan. Arduino IDE sebagai perangkat lunak penghubung antara program yang akan diupload ke mikrokontroler ATMega328 dengan menggunakan bahasa pemrograman C.
Kata Kunci : Sistem Keamanan, Smartphone Android, Sensor Ultrasonik, ATMega328

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.