SISTEM PENGUKUR TINGKAT KEBISINGAN KNALPOT SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN SENSOR SUARA LM386 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328

Rijal Mu'min, Prihastuti Harsani, Teguh Puja Negara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sistem pengukur tingkat kebisingan knalpot sepeda motor menggunakan sensor suara LM386. Berdasarkan Peratuhan Mentri Negara Lingkungan Hidup No. 7 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru pada lampiran kedua, yaitu batas maksimum kendaraan bermotor 83 desibel. Saat ini Polisi sedang menerapkan peraturan tersebut dengan tujuan untuk menertibkan kendaraan dengan tingkat kebisingan yang sangat tinggi. Namun dalam penerapan peraturan tersebut, Polisi belum memiliki alat pengukur kebisingan. Sehingga dari permasalah di atas dirancang sebuah alat pengukur kebisingan.
Sistem Pengukur tingkat kebisingan ini dapat mengukur dan menampilkan tingkat kebisingan yang dihasilkan pada knalpot sepeda motor khususnya. Sistem pengukur tingkat kebisingan ini menggunakan sensor suara LM386 sebagai komponen penerima suara knalpot sepeda motor. Data akan di olah oleh mikrokontroller ATMega 328 dan menampilkan status pengukuran pada LCD dan LED sebagai indikator. Hasil yang telah dicapai dari perancangan ini adalah sebuah sistem pengukur tingkat kebisingan berbasis mikrokontroler yang menampilkan hasil dalam satuan decibel (Db) pada LCD, namun nilai yang dicapai belum akurat.
Kata Kunci : Sensor Suara LM386, Mikrokontroler ATMega 328, LCD dan LED

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.