APLIKASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB

Nanda Utama R, Dr. Sri Setyaningsih,M.Si, Andi Chainunnas M.Pd

Abstract


Kosmetik merupakan kata serapan dari bahasa yunani kuno kosmetikus, sebagai upaya untuk memperindah tubuh manusia secara keseluruhan. Tujuan akhir dari upaya ini adalah tercapainya bentuk proporsi, warna, dan kehausan bagian-bagian tubuh yang ideal. Peluang dalam kegiatan bisnis penjualan kosmetik yang meningkat dalam beberapa waktu ini dilihat oleh banyak pihak sebagai prospek yang menjanjikan. Penjualan kosmetik secara umum dibeberapa wilayah di Indonesia masih dilakukan dengan cara sederhana dan klasik. Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta memperluas area pemasaran sekaligus promosi kosmetik, maka diperlukan media yang dapat menunjang kegiatan promosi, transaksi penjualan informasi kosmetik dengan optimal. Salah satu media yang menjadi perhatian masyarakat sekarang ini adalah menggunakan media website online.    Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Sylvia Kosmetik menyadari bahwa peranan media website dapat meningkatkan omset penjualan dan juga media sarana dalam memasarkan produk kosmetik yang mereka miliki untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi serta dapat meminimalkan biaya-biaya operasional iklan dan biaya toko secara fisik.

Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi toko online berbasis web ini adalah siklus hidup pengembangan sistem atau yang biasa disebut System Development Life Cycle(SDLC). SDLC mempunyai beberapa tahapan yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, ujicoba, dan pemeliharaan. Aplikasi ini memberikan informasi baik terhadap pelanggan maupun masyarakat umum dalam memperoleh informasi mengenai produk yang dijual dalam toko online Sylvia kosmetik.

Kata Kunci : Kosmetik, Aplikasi, Toko Online, E-commerce


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.