PROTOTIPE SISTEM OTOMATISASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) DAN MONITORING SECARA REALTIME BERBASIS MIKROKONTROLER

HAFIIDHUDIN HAFIIDHUDIN

Abstract


Pemilihan teknologi pengolahan air limbah harus mempertimbangkan beberapa hal yakni antara lain jumlah air limbah yang akan diolah, kualitas air hasil olahan yang diharapkan, kemudahan dalam hal pengelolaan, sumber energi, serta biaya operasi dan perawatan diupayakan serendah mungkin. Kekurangan dari sistem teknologi pengolahan air limbah yang telah banyak digunakan pada beberapa industri maupun instansi atau badan usaha adalah mengenai sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara manual dalam tindakan pengoperasian dan pemantauan pada setiap tahapan prosesnya. Secara garis besar sistem otomatisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan monitoring secara realtime mengikuti perkembangan jaman sekarang industri 4.0 dengan menggunakan ATMega2560 yang dihubungkan dengan ESP8266 lalu diintegrasikan oleh internet of things dengan media smartphone maupun PC melalui jaringan internet dari accesspoint Wi-Fi maupun mobile hotspot dan sistem ini dikendalikan dengan otomatis maupun manual. Data sensor pH dan sensor turbidity dapat di monitoring secara realtime melalui layar LCD pada panel dan juga dapat dilihat dengan bentuk grafik melalui smartphone maupun PC kapan pun dan dimana pun melalui jaringan internet dengan bantuan modul ESP8266 yang diintegrasikan melalui Wi-Fi sebagai accesspoint.

Kata kunci: Internet of Things, Mikrokontroler, Limbah, IPAL, ESP8266, Sensor pH, Sensor Turbidity



Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, 2016, “Sistem Monitoring Air Layak Konsumsi Berbasis Arduino”, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Bishop, Owen. 2004. “Dasar-dasar Elektronika. Erlangga”. Jakarta.

Chapman, Stephen. 2012. “Electric Machinery”. Mc Graw Hill.

Hadi, A. 2005. “Prinsip Pengelolaan Sampel Lingkungan”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kunto, W. 2015. “Digital Power Electronics and Applications”, Fang Lin Luo,

Hong Ye, Muhammad H. Rashid, Elsevier Academic Press.

Lasmini, 2016, “Pengendalian Mesin Pemilah Kentang Berdasarkan Berat Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO”, Politeknik Negeri Padang, Padang.

Maulana, 2014, “Eletronika Kontrol Sensor dan Transduser”, Universitas Brawijaya, Malang.

Pefrianus, Bunga. 2015. “Perancangan Sistem Pengendalian Beban Dari Jarak Jauh Menggunakan Smart Relay”. Fakultas Teknik UNSRAT. Manado.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Rahadhian, Angga Pratama. 2012. “Sensor Parkirn Mobil Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Dengan Bantuan Mini Kamera”. STMIK JAKARTA STI&K.

Rusmadi, Dedy. 2007. “Mengenal Teknik Elektronika”. PIONIR JAYA. Bandung.

Said, Nusa Idaman. 2017. “Teknologi Pengolahan Air Limbah”. Jakarta: BPPT

Sasmoko, Dani. 2017. “Implementasi Penerapan Internet of Things (IoT) pada Montitoring Infus Menggunakan ESP8266 dan Web untuk Berbagi Data”. Jurnal Ilmiah Informatika Volume 2 no. 1. 91-92.

Soraya, Dea. 2012, “Pengolahan Limbah Cair”, Universitas Pakuan, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.