PERBANDINGAN PEMAKAIAN ENERGI DI PERUMAHAN BERBASIS KWH METER ANALOG MEKANIK, KWH METER ANALOG ELEKTRONIK, DAN KWH METER TOKEN

KHOLID MUKHLIS

Abstract


Energi listrik tidak bisa lepas dari kebutuhan manusia sehari - hari. Pada zaman modern seperti sekarang ini, tentunya manusia pasti bergantung pada listrik. Listrik dapat digunakan untuk berbagai hal seperti menyalakan lampu, kipas angin, televisi dan bahkan dapat mempermudah pekerjaan sehari – hari seperti mencuci dengan menggunakan mesin cuci yang juga menggunakan energi listrik. Energi listrik yang digunakan di perumahan akan dihitung secara otomatis oleh PT. PLN dengan menggunakan alat ukur yaitu kWh meter. Prinsipnya yaitu daya yang digunakan pada beban dihitung untuk setiap jamnya yang selanjutnya dikalkulasikan dengan harga listrik yang harus dibayarkan konsumen, dalam penelitian ini kWh yang digunakan yaitu kWh Analog Mekanik, kWh Analog Elektronik, dan Token meter. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat rata-rata persentase akurasi dari ketiga kWh, bahwa Token meter tingkat keakurasian 100% untuk kWh analog elektronik mempunyai tingkat tingkat rata-rata akurasinya sebesar 96,58%sedangkan pada kWh meter Analog Mekanik sebesar 94,14%.

 

Kata Kuinci : kWh meter analog mekanik, kWh meter analog elektronik dan token meter , akurasi


Full Text:

PDF

References


Khoirudin, Abid. Ashar,dkk. 2016. Kwh Meter Digital Prabayar Untuk Skala Rumah Tangga Dengan Menggunakan Sistem Voucher. Surabaya: Kampus PENS-ITS Keputih Sukolilo Surabaya

Lutfi Feriko, Agus Adhi Nugroho. 2018. Makalah perbandingan dan perhitungan kWh meter pra dan paska bayar-libre. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Juri Saputra Sebayang, Masyskur Sj,2014 Perbandingan Kilowatthour Meter Analog Dengan Kilowatthour Meter Digital ( Aplikasi Pada PT. PLN (Persero) Cabang Medan). Medan: Universitas Sumatera Utara (USU).

Nuranita dan Silmi. 2016. Analisa Perbandingan Kwh Meter Prabayar Dengan Nonprabayar Di Lihat Dari Sisi Keekonomisannya Di PT PLN (Persero). Medan: Sekolah Tinggi Teknik Harapan.

Ramadlana, Rasyida Leila, 2016. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabayar Dan Listrik Prabayar Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pln (Persero) Area Ciputat. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Tharo Zuraidah, 2017. Analisa Perbedaan kWh meter Pascabayar dan Prabayar ditinjau dari sifat Teknisnya. Medan: Unvesitas Pembangunan Panca Budi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.