PERANCANGAN RUANGAN STERILISASI UNTUK PEKERJA DIPETERNAKAN AYAM DENGAN SPRAYER OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC BERBASIS ARDUINO UNO

RIZKI JULIANDIKA

Abstract


Untuk mengurangi potensi penyebaran virus yang berasal dari luar kandang ke unit produksi pada peternakan perlu adanya upaya untuk melindungi unit produksi dari penyebaran hama, virus, dan infeksi ke unit produksi. Maka dari itu dibuat rancangan ruangan sterilisasi untuk pekerja di peternakan ayam dengan sprayer otomatis yang merupakan penerapan aktivitas biosecurity kepada pekerja yang berfungsi sebagai disinfeksi untuk para pekerja yang ingin ke unit produksi. Pada rancangan ruangan sterilisasi sprayer otomatis  ini bekerja  dengan memanfaatkan arduino uno sebagai pengendali, sensor ultrasonic sebagai pendeteksi suatu objek, motor servo sebagai penggerak simulasi pintu otomatis, dan   NodeMCU 8266 sebagai  teknologi (internet of things) IoT yang mana nanti akan terintegrasi dengan android. Dengan adanya sistem otomatis sistem ini diharapkan mengurangi potensi penyebaran virus pada unit produksi,  menciptakan lingkungan  kerja yang kondusif, meningkatkan efektivitas alur kerja, memperbaiki sistem kerja dan  sebagai indikator keberhasilan bagi suatu perusahaan peternakan dalam menerapkan biosecurity pada pekerjanya.

 

Kata kunci : biosecurity, arduino uno, sensor ultasonic, NodeMCU ESP8266 


Full Text:

PDF

References


Ngurah Swacipta, Ida Bagus, 2017, “Kesehatan Masyakat Biosecurity”, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana Denpasar , Bali.

Alam, Agus , 2008, “Mengenal Wi-Fi Hotspot, LAN, dan Sharing Internet”, PT Elex Media Komputindo, jakarta.

Handi, hurriyatul fitriyah, dkk, 2019,”Sistem Pemantauan Menggunakan Blynk dan Pegendalian Penyiraman Tanaman Jamur dengan Metode Logika Fuzzy”, Fakultas Ilmu komputer, Universitas Brawijaya, jakarta.

Zulkarnain, 2015, “Penerapan Biosecurity Peternakan Ayam Broiler di Desa Jene Taesa, kecamatan Simbang Kabupaten Maros”, Fakultas Peternakan, Universitas Hassanuddin Makassar.

Ayu Gusti, Kencana Yuniati, dkk, 2012, “Peneguhan Diagnosis Penyakit Newcastle Disease Lapang Pada Ayam Buras di Bali Menggunakan Teknik RT – PCR”, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar, Bali.

Ikbal, Mumthaharah, dkk, 2017, “Analisis Mutu Disenfektan dan Sterilisasi Ruangan”, Fakultas Farmasi UMI, Makassar.

Yunus Muhammad, 2015, “Sanitasi Pada Pekerja Breeding Farm di PT Super Unggas Jaya Unit Mutiara Kabupaten Sukabumi”, Praktek Kerja Lapangan, Sukabumi.

Sitrusta, Sukaridho, 2016, “Bermain dengan Internet Of Things & Big Data”, Polikteknik Elektronika Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Nugraha, Dhani, dkk, 2011, “Tutorial Pemograman Mikrokontroler AVR dengan AVR Studio dan WinAVR GCC( ATmega 32/16/8535”, Yogyakarta.

Suhaeb, Sutarsi, dkk, 2017, “Mikrokontroler dan Interface”, Fakultas Teknik Pendidikan Teknik Elektronika, Universitas Negeri Makassar.

Hari, Santoso, 2016, “Arduino untuk Pemula”. Malang.

Dinata, Yuwono Marta, 2016, “Arduino Itu Pintar”, PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedi. Jakarta

Dwi Prabowo, Yuliyan , 2018, “Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino”, CV Anugrah Utama Raharja, bandar lampung.

Iqbal, Maulana, Nur H, Kharisma, 2014,”Motor Servo DC”, Program Studi Teknik Otomasi Industri Jurusan Elektro, Politeknik Negeri Bandung.

Ibrahim, Sutrisno, dkk, 2017, “pengenalan arsitektur dan organisasi komputer”,Program Studi Teknik Informasi, Universitas Marcubuana, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.