PERANCANGAN ALAT CERDAS PENYORTIRAN BUAH JERUK BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

AGUNG FAJARUDDIN

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi pada saat ini semakin pesat, salah satunya perkembangan otomatisasi yang membantu meringankan segala aktivitas dan produktivitas. Tidak terkecuali pada sentra perkebunan buah jeruk kasturi, terutama kegiatan penyortiran. Penyortiran bertujuan untuk memilah-milah buah jeruk kasturi berdasarkan kualitas warna dan berat. Untuk menunjang proses otomatisasi agar faktor-faktor produksi dapat tercapai dibutuhkan sistem kontrol. Mikrokontroler merupakan salah satu kontroler yang cocok untuk digunakan. Tugas akhir ini bertujuan membuat alat yang dapat digunakan untuk menyortir jeruk kasturi berdasarkan warna kulit serta beratnya secara otomatis berbasis internet of things (IoT) maupun secara manual dengan menggunakan  switch. Untuk pengujian sensor berat tingkat keakuratannya sebesar 90% dari 15 kali percobaan. Sedangkan untuk keakuratan proses penyortiran berdasarkan warna dengan media kertas akurasinya sebesar 86,66 % dan untuk media jeruk kasturi tingkat akurasinya sebesar 80 % dari 15 kali percobaan.

 

Kata kunci : Conveyor , Internet of Things (IoT), Mikrokontroler, Sensor Berat (load cell), Sensor Warna TCS230.


Full Text:

PDF

References


Nugraha, Ihsan dkk. 2016. Automated System In Sorting With Image Processing Using RGB Detection Method. Universitas Telkom: Teknik Fisika.

Thiang. 2008. Otomasi Pemisah Buah Tomat Berdasarkan Ukuran dan Warna Menggunakan Webcam Sebagai Sensor. Surabaya. Universitas Kirsten Petra: Teknik Elektro.

Deswari, Dila dkk. 2013. Identifikasi Kematangan Buah Menggunakan Metoda Backpropagation. Politeknik Negeri Padang. Teknik Elektro.

..Sitorus, Natalia. 2008. Penentuan Kematangan Buah Tomat (Lycoppersium Escullentum Mill) Dengan Menggunakan Metode Klasifikasi Citra. Lampung. Universitas Lampung.

Craft Brock. Arduino Project for Dummies. John Wiley & Sons, Ltd. England. 2013

Wassem, Muhammad. 2015. A Review On Internet Of Things (IoT). Jakarta.

Raharjo Rudianto. 2013. Rancang Bangun Belt Conveyor Trainner Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin Politeknik Kediri.

Sukamto, Deni. 2015. Internet Of Things Metode dan Implementasi. Yogyakarta: Universitas AKAKOM.

..Handayani TU, Miharani T. 2013. Rancangbangun Timbangan Buah Digital dengan Keluaran Berat dan Harga. Teknik Komputer STMIK MDD.

=Anonim, Manual Book : TCS230 Programmable Color Light to Frequency Converter. The Lumenology Company. USA. 2014

Wahyu,Rizky. 2016. Rancang Bangun Otomatisasi Sistem Penentuan Kualitas Ikan Berdasarkan Berat Terukur.Universitas Aerlangga Surabaya.

Arif Syarifudin, Muhammad. 2016. Power Supply. Universitas Negri Malang. Malang

Harlow, James. H. 2007. Electric Power Transformer Engineering. CRC Press. New York

Taylor, John. R. 2000. An Introduction to eror analysis. University Scienci Books. Sausalito, California


Refbacks

  • There are currently no refbacks.