PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS UNTUK APLIKASI KEAMANAN BERKENDARA PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA

MUHAMAD ITAQILAH

Abstract


Keamanan berkendara merupakan aspek yang dibutuhkan pada setiap pengendara. Tingkat kecelakaan yang sering terjadi diakibatkan fisik yang sudah lelah dan kelalaian pengendara sangat berpotensi terjadinya kecelakaan yang tinggi. Selain tingkat kecelakaan tingkat kriminalitas seperti kasus pencurian motor yang meresahkan sering kali terjadi. Peningkatan keamanan berkendara roda dua dapat dilakukan dengan teknologi Global Positioning System (GPS) sebagai penerima sinyal informasi posisi dan sensor Gyroscope sebagai pendeteksi kemiringan kendaraan roda dua, serta sensor Optocoupler untuk mengetahui batas kecepatan, mikrokontroler ATMega328 digunakan sebagai unit kontrol yang terintregasi dengan modul IoT ESP8266 sebagai pengirim dan penerima instruksi melalui jaringan internet. Pengembangan Internet Of Things untuk aplikasi keamanan berkendara pada kendaraan roda dua, yang digunakan untuk menyampaikan kondisi bahaya kepada pengemudi itu sendiri serta menyampaikan informasi berupa lokasi kepada orang terdekat dan pihak berwenang yang bersangkutan apabila terjadi kecelakaan. Dengan demikian sistem tersebut dapat menjadi solusi sistem keamanan berkendara roda dua yang lebih efisien.

 

Kata kunci : GPS, Internet of Things, Keamanan berkendara, Mikrokontroler.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Firmansyah. 2017. Kapolres Bogor : Ini Data Kendaraan dan Jumlah Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak. https://ntmcpolri.info/kapolres-bogor-ini-data-kendaraan-dan-jumlah-korban-kecelakaan-beruntun-di-puncak/ (Diakses pada September 2019).

Dave Evans. 2011, The Internet of Things How the Next Evolution of the Internet Is Changing Everything. Cisco Internet Business Group (IBSG).

Doni Hermanto, Yamato, Agustini Rodiah Machdi, 2016, Perancangan Sistem Keamanan Berkendara Roda Dua Menggunakan Arduino Uno Berbasis SMS, ,Bogor, Universitas Pakuan.

Vermesan, Ovididu. 2013, Internet of Things: Converging Technologies for Smart Environments and Integrated Ecosystems.Norway, River Publishers.

Mysolution. 2018, cara kerja internet of things http:/www.mysolution.com. (Diakses pada November 2019)

Cynthia H. Cwik, Christopher Suarez, Lucy L. Tompson. 2020 The Internet of Things: Legal Issues, Policy, and practical Strategies. American Bar Association.

UNY, perbedaan Mikrokontroler dan Mikroprosesor, staff.uny.ac.id (Diakses pada Juni 2020)

Arduino, Microcontroler arduino, https://store.arduino.cc, (Diakses pada Desember 2019)

Referensi Arduino, Diagram Blok mikrokontroler Arduino Atmega 328, https://referensiarduino.wordpress.com (Diakses pada Desember 2019)

Hari Santoso. 2015, Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula. Elang Sakti.

Simon Monk. 2010, 30 Arduino Projects for the Evil Genius. McGraw Hill Professional.

Sinarduino. 2016. Mengenal Arduino Software (IDE). https://www.sinauarduino.com/artikel/mengenal-arduino-software-ide/ (Diakses pada November 2019)

Simon Monk. 2017, Hacking Electronics with Arduino and Raspberry Pi, Second Edition. McGraw Hill Professional.

Tresna Widiyaman. 2016. Pengertian Modul Wifi ESP8266. https://www.warriornux.com/pengertian-modul-wifi-esp8266/ (Diakses pada November 2019).

Angga RS, 2018. Pengertian gyroscope dan cara kerjanya. https://www.immersa-lab.com/pengertian-gyroscope-dan-cara-kerjanya.htm (Diakses pada Juni 2020).

Agus Purnama. 2016. Membuat Sensor Putaran / Kecepatan. https://elektronika-dasar.web.id/membuat-sensor-putaran-kecepatan/ (Diakses pada November 2019).

Hudihocker. 2014. GPS UBLOX NEO-06. https://cansatitb2014.wordpress.com/ 2014/12/08/gps-ublox-neo-6m-0-00. (Diakses pada Desember 2019).

Agus Faudin. 2017. Tutorial Arduino Mengakses Buzzer. https:// www. Nyebarilmu .com /tutorial-arduino- mengakses buzzer. (Diakses pada Desember 2019).

Cipta Utama, Liquid crystal display dan i2c, http://ciptautamaelektrik.com(Diakses pada Desember 2019)

Lab Elektronika, pengaplikasian I2C pada LCD dan mikrokontroler, www. Labelektronika.com.(Diakses pada Desember 2019)

Simon Monk. 2011, Programming Arduino Getting Started with Sketches. McGraw Hill Professional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.