RANCANG BANGUN SIMULASI ALAT PENGANGKUT SAMPAH PADA SUNGAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

BILLY ENDHARTANA

Abstract


Untuk membantu memudahkan pekerjaan petugas kebersihan dalam mengangkat sampah-sampah yang ada dialiran sungai, maka perlunya dibuat alat pengangkat sampah secara otomatis agar mudah diteruskan ke pembuangan akhir. Salah caranya yaitu membuat pengangkat sampah otomatis menggunakan conveyor, sebagai alat untuk menaikan sampah yang terdapat pada permukaan sungai. Sebagai otak sistem pengontrol alat tersebut digunakan mikrokontroler Atmega328p untuk mengontrol kerja motor DC dan motor servo. Lalu digunakan modul Esp8266 sebagai modul Wi-Fi untuk menghubungkan komponen peralatan dengan jaringan internet kemudian diteruskan ke-aplikasi blynk yang digunakan sebagai pengontrolan motor sebagai saklar on/off dan sebagai pemberi notifikasi ketika permukaan air sungai naik/turun dengan konsep Internet of Things (IoT). Hasil pengujian yang dilakukan bahwa tiap komponen yang ada pada alat bekerja dengan baik, sehingga alat dapat berjalan dengan baik dan dapat digunakan. Untuk pengontrolan dengan smartphone terdapat delay beberapa detik dikarenakan pengaruh dari sinyal operator untuk mengirimkan perintah pada aplikasi blynk.

Kata Kunci : Atmega328, Internet Of Things, Pengangkat Sampah Otomatis.


Full Text:

PDF

References


Arief, Syahrir. 2012. Rancang Bangun Alat Pembersih Sampah Pada Sungai. Jurnal Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar.

Badan Standarisasi Nasional. 2005. Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan (SNI 19-3964-1995). Jakarta: BSN.

Perda Kota Bogor. Peraturan Daerah Nomor 3 Seri E Tahun 2012. Tentang Pengelolaan Sampah.

Kuncoro, Sejati. 2009. Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.

Raharjo, Rudianto. 2012. Rancang Bangun Belt Conveyor Trainner Sebagai Alat Bantu Pembelajara. Jurnal Teknik Mesin Politeknik Kediri. Kediri.

Santoso, Ari Beni. 2013. Pembuatan Otomasi Pengaturan Kereta Api, Pengereman, Dan Palang Pintu Pada Rel Kereta Api Mainan Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknik Mesin Universitas Lampung.

Mido, Agus Rakhmadi. 2018. Rancang Bangun Mesin Otomatis Penetas Telur Berbasis Nodemcu Dan Android. Jurnal Program Studi Teknik Komputer Universitas Teknologi Yogyakarta.

Arifin, Jauhari. 2016. Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Teknik Komputer Universitas Dehasen Bengkulu.

Syahwil, Muhammad. 2014. Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino. Jakarta : Andi Publisher.

Akbar, Januar. 2017. Studi Evaluasi Perencanaan Kebutuhan Daya Pada Instalasi Listrik Di Gedung Harco Glodok Jakarta. Teknik Elektro Universitas Pakuan Bogor.

Adriansyah, Andi. 2013. Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino ATMega 328p. Teknik Elektro Universitas Mercu Buana.

Wicaksono, Fajar, M., Hidayat, (2017), Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino, Bandung: Informatika.

Kadir, Abdul, 2018, "Arduino dan Sensor " C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Arafat, M. K. (2016). SISTEM PENGAMANAN PINTU RUMAH BERBASIS Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik “Technologia,”

Efendi, Yoyon. 2018. Internet Of Things (IoT) Sistem Pengendalian Lampu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Mobile. Jurnal Program Studi Teknik Informatika STMIK Amik Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.