RANCANG BANGUN MESIN PEMOTONG TAHU SEMI OTOMATIS BERBASIS PLC OMRON CPM2A

RYAN DWI ANGGA BINTARA

Abstract


Proses pemotongan tahu yang masih menggunakan cara manual (konvensional) dan dilakukan secara berulang akan membutuhkan ketelitian untuk menstabilkan potongan tahu menjadi ukuran yang sama. Salah satunya yaitu yang terjadi di pabrik Kurnia Saputra, Megamendung Kabupaten Bogor yang melakukan pekerjaannya menggunakan penggaris kayu dan pisau dapur. Padahal terdapat solusi untuk bisa mengatasi masalah tersebut yakni deangan menggunakan mesin pemotong tahu semi otomatis berbasis PLC Omron CPM2A.

Metode dalam program ini tentunya dengan membuat suatu mesin yang akan mempercepat proses produksi tahu pada bagian pemotongan (cutting) yang berfungsi sebagai pisau potong dengan spesifikasi ukuran tertentu.

Prinsip kerja mesin pun deangan memanfaatkan kontrol dari PLC (Programable Logic Control) yang diprogram untuk menggerakkan seluruh komponen listrik yang ada dalam rangkaian alat pemotong tahu otomatis. Dengan memanfaatkan teknologi otomatisasi, waktu produksi akan meningkat dengan efisisensi sebesar 90%.

 

Kata kunci : PLC, Pneumatik, Otomatis.


Full Text:

PDF

References


Sukmawan, Gesa, dkk. 2013. Mesin pemotong tahu otomatis untuk meningkatkan efisiensi produksi bagi UKM produsen tahu. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Saleh, Muhamad dan Haryanti, Munnik. 2017. Rancang bangun keamanan rumah menggunakan relay. Universitas Suryadarma. Jakarta.

Sulistyowati, Riny dan Dwi Febriantoro, Dedi. 2012. Perancangan prototype sistem kontrol dan monitoring pembatas daya listrik berbasis mikrokontroler. Institut Teknologi Adhi Tama. Surabaya.

Hanafi, Raihan. 2017. Analisis efisiensi penggunaan faktor produksi pada industri kecil dan menengah furnitur di kota pekanbaru. Riau University. Pekanbaru.

Eko Yuli Saputro, Ahmad. 2018. Analisis pengaruh ketidakseimbangan beban terhadap efisiensi transformator distribusi di PT PLN (Persero) rayon palur karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jawa Tengah.

Agusmi Tumanggor, Marko, dkk. 2018. Analisa efisiensi power pada sistem kendali (power cube 1000) BTS XL Axiata site ID E911. Universitas Medan Area. Medan.

Sungkara, Fajar. 2015. Rancang Bangun Miniatur Litf 3 Lantai Berbasis PLC Omron CPM1A-30CDR-A-V1. Universitas Pakuan. Bogor.

Wicaksono, Handy. 2009. Programmable Logic Controller. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Data sheet microprogrammable control CPM2A.

Aifin, Fathul. PLC CMP2A (Pengenalan). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Dawut. 2012. Melalui penggunaan media software CX Programmer 9.3 untuk meningkatkan kompetensi teknik perencanaan pengendali PLC pada kompetensi dasar (KD) merencana rangkaian aplikasi kontrol PLC siswa kelas XXI TIT 2 SMKN 3 boyolangu. Tulungagung.

Kalid, Anhar dan Raihan, H. 2016. Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang. Politeknik Negeri Banjar Masin. Kalimantan Selatan.

Vitho Verdian Panae, Mohammad. 2018. Rancang Bangun Alat Bantu Pembersih Filter Udara Mobil Minibus. Universitas Negeri Sriwijaya. Palembang.

Andriansyah, Andi dan Hidyatama, Oka. 2013. Rancang bangun prototipe elevator menggunakan microkontroller arduino atmega 328P. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Cholish, dkk. 2017. Analisa perbandingan switch mode power supply (SMPS) dan transformator linier pada audio amplifier. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sumatera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.