ANALISA PERFORMANSI INTERNET PROTOCOL TELEVISION(IPTV) BERBASIS STREAMING UNTUK JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN)

Arm Strong Fitrah R

Abstract


Analisa performansi Internet Protocol Television (IPTV) berbasis streaming untuk jaringan Local Area Network (LAN) bukan merupakan jaringan Streaming Web Server tetapi untuk Streaming TV Local yang mencakup satu wilayah kecil, misalkan perumahan atau kontrakan dan kos – kosan dan cara penerapan sistem ini adalah dengan menggunakan 2 aplikasi. Aplikasi utama adalah aplikasi Wireshark yang berfungsi sebagai pencapture-an, penganalisa QoS pada streaming dan VLC (Video Lan ClientMedia Player yang berfungsi sebagai penerima input dari layanan IPTV untuk di-streaming pada User (AV Server) dan Client.

Dengan pengamatan dan pengukuran dari QoS dapat diketahui penambahan user yang dapat di-streaming video dan audio pada Perumahan Ciomas Hills dengan bandwidth 2 Mbps. Sedangkan pada pengukuran MOS dan kompresi video yang telah dilakukan dapat diketahui jumlah user dan kualitas video dan audio yang di-streaming.

Berdasarkan analisis performansi dapat disimpulkan bahwa pada pengukuran QoS ini maka TV streaming sudah memenuhi QoS yang baik karena nilai delay maksimum yaitu 32 ms tetapi untuk nilai delay yang baik adalah berada pada 800 Kbps dengan nilai delay hanya 8 ms, Sedangkan untuk penilaian MOS pada video dan audio dengan pengkompresian file 32%, 57% dan 82% dengan bit rate 100, 300, 500 dan 800 Kbps bahwa semakin besar file dikompresi maka menghasilkan nilai kategori MOS pada video dan audio semakin menurun (video dan audio yang dihasilkan menjadi kurang baik untuk di streaming).      

Kata Kunci : IPTV, PerformansiQoS, Wireshark, VLC Media Player

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.