PERANCANGAN SISTEM PENGAMAN RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN ATMEGA16 MELALUI REKAM VIDEO BERBASIS SMS

Fachri Ferdiansyah

Abstract


Kasus pencurian rumah akhir-akhir ini semakin meningkat karena sering ditinggal pergi oleh pemiliknya. Hal ini menyebabkan pemilik rumah merasa khawatir terhadap rumahnya. Untuk itu diperlukan suatu informasi keamanan rumah yang cepat dan efektif agar pemilik rumah dapat langsung mengetahui informasi apabila rumahnya akan dibobol oleh pencuri.

Alat ini bekerja sebagai sistem pengamanan rumah dimana setiap orang yang ingin memasuki rumah tersebut harus memasukkan password pada keypad secara benar, supaya pintu dapat terbuka dan apabila password yang dimasukan salah sebanyak tiga kali atau membuka pintu secara paksa maka sensor infra red yang dipasang di pintu rumah akan mendeteksi adanya keberadaan orang saat rumah dalam keadaan ditinggal oleh pemiliknya yang kemudian sebagai pemrosesnya digunakan mikrokontroler Atmega16  sebagai unit kontrol untuk memerintahkan agar buzzer berbunyi dan merekam situasi di dalam rumah dengan menggunakan kamera video serta terintegrasi dengan Modem Global System for Mobile Communication (GSM) sebagai pengirim dan penerima informasi melalui Short Message Service (SMS) ke HP pemilik rumah bahwa ada pencuri.

Hasil pengujian menunjukkan sistem ini dapat bekerja dengan baik secara otomatis untuk mengirimkan peringatan jika terjadi bahaya kepada pemilik rumah berupa format teks tertentu dalam bentuk SMS, sehingga dapat dijadikan alternatif untuk membantu pengamanan suatu rumah.

Kata Kunci: Atmega16, Keypad, Sensor Infra red, Modem GSM, SMS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.