SIMULASI PENGATURAN SISTEM PENERANGAN SECARA OTOMATIS DENGAN PLC OMRON CPM1A 20CDR A-V1

Ilman Wiguna Shalat

Abstract


Suatu sistem penerangan secara otomatis, biasanya banyak dijumpai dengan menggunakan Timer yang di setting secara manual. Tetapi masih ada saja lampu yang menyala tidak sesuai dengan waktu setting dari Timer tersebut, karena hitungan waktu dariTimer bergeser, bergesernya settingan waktu pada Timer tersebut disebabkan karena usia Timer yang sudah terlalu lama. Dari permasalahan yang dijumpai tersebut, maka dari itu penulis mencoba merancang suatu sistem simulasi penerangan yang akan bekerja secara otomatis dengan kontrol PLC, dimana kontrol dari PLC akan mampu bekerja secara otomatis tanpa menunjukan kegagalan kerja atau bergesernya waktu setting dari Internal Timer didalam sistem PLC tersebut.

Simulasi sistem penerangan ini, mampu bekerja secara otomatis untuk nyala dan padamnya pilot lamp sesuai waktu yang dikehendaki pengguna, sistem dari simulasi alat ini bertujuan agar penggunaan energi listrik dalam sistem penerangan bisa lebih effisien.

 PLC digunakan sebagai pengontrol keseluruhan dari sistem simulasi ini, PLC akan bekerja dari perintah Input yang diberikan, dan Output akan bekerja setelah PLC membaca program yang telah didownload,output akan ON dan Off secara otomatis atas instruksiInternal Timer (TIM), sesuai waktu setting yang digunakan.

Apabila sistem dari perancangan alat ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, akan bermanfaat sebagai solusi untuk berhemat energi listrik, khususnya dalam pengaturan sistem penerangan.

Kata Kunci : PLC, TimerSistem Penerangan Otomatis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.