RANCANG BANGUN SECURITY SISTEM UNTUK MENDUKUNG SMARTHOME BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC)

DIMAS ADI PRASETYO

Abstract


Smarthome adalah aplikasi gabungan antara teknologi dan pelayanan yang dikhuskan pada lingkungan rumah dengan fungsi tertentu yang bertujuan meningkatkan keamanan, efesiensi dan kenyamanan penghuninya. Sistem smarthome biasanya terdiri dari perangkat monitoring, perangkat kontrol dan otomatis ada beberapa yang dapat di akses menggunakan komputer.Smarthome rumah pintar yang di dilengkapi dengan sensor-sensor seperti sensor (photoelectric), sensor proximity, sensor tempratur, dan sistem keamanan pintu kamar.

 

Kata kunci : Selector kode, PLC, Sensor suhu, Sensor proximity, Sensor photoelectric

Full Text:

PDF

References


Agusmi Tumanggor, Marko, dkk. 2018. Analisa efisiensi power pada sistem kendali (power cube 1000) BTS XL Axiata site ID E911. Universitas Medan Area. Medan.

Aifin, Fathul. PLC CMP2A (Pengenalan). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Benediktus Tri Apriyanto. 2015 Aplikasi PLC Modicon M221 Untuk Smarthome Dengan HMI Berbasis Android. Universitas Sanata Darma Yogyakarta

Data Sheet PLC Glofa G7M.

Data Sheet GMWIN Smart_Automation_Solution_Glofa.

Dzulkivi Andriansyah, Sugiono,ST.MT, Dkk 2019. Model Alarm Kebakaran Dengan Sistem Komputer Menggunakan Microkontroler Node MCU. Universitas Islam Malang.

Fauzan masykur, fiqiah prasetyowati. 17 maret 2016. Aplikasi Rumah Pintar (smarthome) Pengendalian Peralatan Electronic Rumah Tangga Berbasis WEB. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

I Gede Saputra Widharma. Desember 2020. Otomatisasi Dalam Pendemi Dengan Sensor Proximity. Politeknik Negri Bali

Kadirun, Hasanudin, Dkk, Tanpa Tahun .Penerapan Sistem Stop SIGN Pada Pertigaan Jalan Berbasis Sensor Photoelectric Study Kasus Pada PT. Chevron Pacific Indonesia. Universitas Muhammadiyah Riau.

Khalid, Anhar, Dan Raihan, 2016. Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang. Politeknik Negeri Banjar Masin. Kalimantan Selatan.

Mohammad Amsier, M.Toni Prasetyo,Dkk. Tanpa Tahun. Rancang Bangun Alat Pengatur Suhu Untuk Ruang Budidaya Jamur Tiram Berbasis PLC Omron CP1E. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Maryono, Tanpa Tahun Saklar Manual Dalam Pengendalian Mesin. SMKN 3 Yogyakarta.

M. Saleh, 2 Mei 2017. Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Mengguakan Relay. Universitas Surya Darma.

Rafiuddin Syam, Desember 2013 Seri buku ajar Dasar-Dasar Teknik Sensor. Universitas Hasanudin. Makasar.

Wicaksono, Handy. 2009. Programmable Logic Controller. Graha Ilmu, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.