PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK APLIKASI SISTEM IRIGASI CURAH DI SAWAH

MUHAMAD TAUFIK HIDAYATULLAH

Abstract


Negara Indonesia merupakan Negara Agraris yang sebagian penduduknya bekerja dalam bidang pertanian atau bercocok tanam. Petani seringkali menjumpai kondisi dimana lahan yang ditanami mengalami gagal panen karena kondisi alam yang sulit ditebak. Pada saaat musim kemarau misalnya, saluran irigasi tidak dapat dipantau secara real time yang dapat menyebabkan lahan pertanian kekeringan. Atas dasar pemikiran tersebut dibuat rancangan alat yang dapat mengontrol ketinggian air irigasi yang pada lahan pertanian. Yang dapat me-monitoring ketinggian air yang berada pada lahan pertanian tanpa khawatir lahan pertanian kekeringan. Sistem irigasi ini bekerja dengan menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04, modul WiFi NodeMCU ESP8266 dan berbasis internet of things (IoT). Sensor ultrasonik digunakan untuk mengetahui ketinggian air yang ada di lahan pertanian dengan memanfaatkan gelombang pantul ultrasonik. Pada saat  ketinggian minimal yang ditentukan, sensor ultrasonik HC-SR04 akan mengirimkan informasi ketinggian kepada mikrokontroler pada modul WiFi NodeMCU ESP8266. Kemudian mikrokontroler akan mengolah informasi tersebut dan mengirimkan perintah kepada pompa air untuk menyiram tanaman melalui water springkler sehingga ketinggian air sesuai dengan program yang ditentukan. Pada hasil pengujian yang dilakukan dapat diketahui sensor ultrasonik bekerja dengan baik dan memiliki sensitifitas terhadap perubahan ketinggian air pada lahan pertanian. Untuk sistem pengontrolan dengan smartphone terjadi delay rata-rata 2 detik yang dikarenakan sinyal operator yang tidak stabil.

 

Kata Kunci      : Internet of Things (IoT), Mikrokontroler, Pompa Air, Sensor Ultrasonik.


Full Text:

PDF

References


Dinata yuwono marta. 2015. “Arduino

itu mudah”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

IoT, 2018, “Internet of Things:

Panduan Lengkap” https://www.dewaweb.com/blog/internet-of-things/ (diakses pada 13 Januari 2020 10.00)

Kadir Abdul. 2017. “Pemrograman

Arduino Menggunakan Ardublock”. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Kadir Abdul, 2018, "Arduino dan

Sensor" C.V ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Komponen Elektronika, 2019,

“Pengertian Sensor dan Jenis-jenisnya” https://teknikelektronika.com/pengertian-sensor-jenis-jenis-sensor/ (diakses pada 12 Desember 2019 13.05)

Komponen Elektronika, 2020,

“ Pengertian mikrokontroler dan strukturnya” https://teknikelektronika.com/pengertian-mikrokontroler-microcontroller-struktur-mikrokontroler/ (diakses pada 30 Juni 2020 20.38)

Node MCU, 2018, “Mengenal Modul

NodeMCU ESP8266, Si Kecil yang Handal untuk IoT” https://www.warriornux.com/mengenal-nodemcu-esp8266-iot/ (diakses pada 12 Januari 2020 10.15)

Rizko Oktaprianna. “Rancang Bangun

Smart Aquarium Menggunakan Arduino Atmega 2560 Berbasis Internet Of Things (IoT)” Fakultas Teknik, Universitas Pakuan. Bogor. 2019.

Techno dan Sains , 2019, “Mengenal

Berbagai Macam Jenis dan Fungsi Irigasi Pertanian”

Wicaksono, Hidayat. 2017, "Mudah

Belajar Mikrokonroler Arduino" Informatika, Bandung.

Wijaya andrie dan muhammad rivai.

, "Monitoring dan Kontrol Sistem Irigasi Berbasis IoT Menggunakan Banana Pi" Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.