ANALISA RADIO STREAMING/RADIO INTERNET

Muchlis Ginanjar

Abstract


Radio streaming merupakan layanan multimedia dalam bentuk televisiaudio, dan, data yang disalurkan kepada pelanggan melalui jaringan Internet Protocol (IP) yang dijamin kualitasnya Quality of Service (QoS), security (keamananya), realibility (keandalanya) dan memungkinkan komunikasi antar pelanggan secara dua arah atau interaktif secara “real time”. Akan tetapi layanan yang besifat “real time” biasanya memiliki berbagai macam hambatan yang dapat mengurangi kualitas dari layanan tersebut.

Hasil ujicoba jaringan internet pada radio streaming dengan pengaturan encoder 128 Kbps memiliki kualitas streaming paling baik dibandingkan dengan pengaturan encoder 24 Kbps, 48 Kbps, dan 96 Kbps. Dari pengamatan semakin besar pengaturan encoder-nya semakin besar throughput yang didapat. Delay pada radio streaming dapat dikategorikan memenuhi QoS baik dengan rekomendasi ITU-T G.114, dengan rata-rata delay baik 150 ms sampai dengan 300 ms, delay yang didapat pada radio streaming ini yaitu 200 ms.

Setelah mengetahui throughput dari beberapa pengaturan encoder, maka bisa melakukan estimasi berapa user yang dapat mengakses radio streaming pada network di Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Pakuan, dengan kapasitas bandwidth 0,91 Mbps atau sama dengan 113,75 KBps, dan maksimal user yang didapat dengan pengaturan encoder 24 Kbps yaitu 37 user, 48 Kbps atau 8 user, dan 128 Kbps untuk 7 user.

Untuk menambah kapasitas user maka harus di digunakan cara pengkompresian file.

Kata-kata kunci: Audio Streaming, QoS, Bandwidth.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.