RANCANGAN ALAT KONTROL KINCIR AIR ALTERNATIF SEBAGAI PENYUPLAI KANDUNGAN OKSIGEN PADA KOLAM PEMBENIHAN IKAN LELE

Panji Jaya Seta

Abstract


Pembuatan alat ini untuk mempermudah pekerjaan pembudidaya ikan lele dalam mengoperasikan kincir air pada saat malam hari dengan pengaplikasian kincir air  yang berbasis mikrokontroller ATMega16 dengan menggunakan timer sebagai sistem yang otomatis untuk mengontrol waktu hidup dan waktu mati kincir air  dan menyjaga tingkat kelarutan oksigen dalam kolam pembenihan ikan lele pada malam hari saat fitoplonkton tidak bisa berfotosintesa yang efisien serta hemat energi dan dapat meningkatkan hasil pembenihan ikan lele yang lebih baik.
Dalam pembuatan kontrol kincir air ini dibuat perangkat yang mendukung seperti hardware dan software. Hardware di antaranya yaitu catu daya 12 volt DC, pengolahan data dan perangkat kontrol berupa sistem minimum ATMega16, tombol setting, driver relay dan juga LCD monitor dan software yang dipergunakan yaitu Bascom-AVR dan downloader AVR-OSPII.    
Kontrol kincir air dapat bekerja mulai dari proses setting waktu, proses setting kincir air ON dan proses setting kincir air OFF. Semua akan berjalan secara otomatis setelah setting waktu telah ditentukan. Kincir air dapat bekerja apabila driver relay mendapat logika 1 dari output mikrokontroller yang menyjadi input untuk driver relay. Driver relay akan menghidupkan motor DC dengan kecepatan rata-rata 90,4 rpm untuk memutarkan kincir air yang akan menyuplaikan kandungan oksigen pada kolam pembenihan ikan lele. 


Kata- kata kunci : Kontrol kincir air, mikrokontroller ATMega16, timer

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.