PERANCANGAN ANTENA PLANAR MENGGUNAKAN STRUKTUR SPIRAL RESONATOR (SR) SEBAGAI INKLUSI MAGNETIK TIRUAN UNTUK APLIKASI FREKUENSI 2,4 ? 2,5 GHZ

Riza Zakaria Helmi

Abstract


Dalam penelitian ini, diusulkan antena planar struktur spiral resonator  yang bekerja pada daerah frekuensi 2,4 – 2,5 GHz. Untuk mendapatkan parameter – parameter antena planar yang lebih baik, digunakan pola iterasi putaran spiral dengan lebar strip (w), lebar gap (s), dan variasi nilai konstanta dielektrik            Perancangan antena dilakukan dengan bantuan simulator antena dan untuk pengukuran parameter antena menggunakan Vector Network Analyzer setelah di fabrikasi.

Hasil yang didapatkan untuk antena planar menggunakan struktur spiral resonator dapat mereduksi ukuran patch antena hingga 58,40% dibandingkan dengan struktur patch konvensional. Selanjutnya hasil fabrikasi antena planar struktur spiral resonator diukur dengan menggunakan VNA pada frekuensi 2,45 GHz. Dari hasil pengukuran diperoleh VSWR 1,29; bandwidth 175 MHz; dan gain2,002 dB. Sedangkan dari hasil simulasi diperoleh VSWR 1,14; bandwidth 39 MHz; dan gain 2,214 dB.

Kata kunci :  Antena Planar, Spiral Resonator, dan Parameter Antena

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.