PENERAPAN MIKROKONTROLER UNTUK SISTEM STABILISASI TEMPERATUR PADA RUANGAN PUSAT DATA BERBASIS SMS

Roibin -

Abstract


Penerapan mikrokontroler untuk sistem stabilisasi temperatur pada ruangan pusat data berbasis SMS merupakan perancangan alat untuk stabilisasi temperatur pada ruangan pusat data, dalam perancangan ini bertujuan untuk memberikan peringatan temperatur ruangan pusat data apabila temperatur melebihi batas yang ditentukan dan bisa mengembalikan lagi ke temperatur seharusnya atau temperatur keadaan normal.

Carakerjasistem ini adalah dengan menggunakan sensor utama yaitu sensor temperatur LM35 yang berfungsi sebagai pendeteksi perubahan temperatur baik keadaan naik maupun turun pada ruangan pusat data. Digunakan juga sebuah kipas untuk menurunkan temperatur ketika temperatur ruangan pusat data naik.Instruksidilakukan dengan menggunakan perintah SMS ke sistem untuk meminta temperatur ruangan terkini, dan perintah SMS ke sistem yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan kipas dari jarak jauh melalui rangkaian relaydriver. Guna mewujudkan kerja system digunakan mikrokontrolerAtmega8535 sebagai unit kontrol yang terintegrasi denganmodem GlobalSystem for Mobile Communication (GSM) sebagai penerima dan pengirim data berupa mode text SMS.

Maka perancangan sistem ini sangat berguna yaitu dapat memberikan peringatan jarak jauh yang efektif melaluiShort Message Service (SMS) kepada administrator ketika temperatur ruangan naik dan bisa mengstabilkan lagi ke temperatur normal.

Kata Kunci : Mikrokontroler, Stabilisasi Temperatur, GSM, Sensor, SMS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.