PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK APLIKASI PENYEMPROTAN PESTISIDA OTOMATIS

AGUNG WIKSANDIYO

Abstract


Dalam penyemprotan pestisida hama tanaman petani masih melakukan secara manual dengan tangki semprot yang digendong, untuk memudahkan para petani dalam penyemprotan pestisida maka dirancang suatu prototipe penyiraman pestisida otomatis yang berkerja sesuai jenis hama. Dengan menggunakan NodeMCU ESP8266 protoripe sudah terkoneksi dengan internet yang dapat dikontrol dari jarak jauh melalui smartphone. Cara kerja protoripe ini adalah dengan menggunakan 3 buah tabung pestisida berbeda dan user dapat memilih jenis pestisida yang akan disemprotkan pada tanaman melalui smartphone, NodeMCU yang sudah terhubung dangan 4 buah relay untuk 3 buah solenoid tabung pestisida dan 1 pompa air, jika pestisida sudah dipilih maka otomatis solenoid akan terbuka dan pompa air akan menyemprotkan pestisida.

Kata kunci : Internet Of Things (IoT), NodeMCU ESP8266, Penyemprotan Otomatis.

Full Text:

PDF

References


. Heryanto, J. Budiarto, and S. Hadi, “Sistem Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Internet Of Things Menggunakan NodeMCU ESP8266,” Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), vol. 2, no. 1, pp. 31–39, 2020.

. Mikrajuddin Abdullah ,“Fisika Dasar 1,” Bandung: Institut Teknologi Bandung. 2016.

. Rahman, “Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Menggunakan Propeler berbasis IoT,” ITEJ (Information Technology Engineering Journals), vol. 03, no. 01, 2018.

. S. Madakam, R. Ramaswamy, and S. Tripathi, “Internet of Things (IoT): A Literature Review,” Journal of Computer and Communications, vol. 03, no. 05, pp. 164–173, 2015.

. S. Kadir ,“Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler & Pemogramannya Menggunakan Arduino,” Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2013.

. W.S. Anisa, “Kontrol Relay Melalui Wifi ESP8266 dengan Aplikasi Blynk Berbasis OS Android,” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada 2016.

. Wikikomponen. (2018). Prinsip dan Cara Kerja Mesin Pompa Air. Dari http://www.wikikomponen.com/prinsip-dan-cara-kerja-mesin-pompa-air/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.