RANCANG BANGUN SISTEM PEMBERSIH KOTORAN PADA KANDANG SAPI DAN PEMBERI PAKAN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

TUBAGUS ILHAM NURHUDA

Abstract


Pada umumnya para peternak membersihkan kotoran pada kandang secara manual dan memberikan pakan. Sistem alat ini merupakan alat kontrol  yang mampu membersihkan kandang dan pemberian pakan sapi secara otomatis sesuai jadwal. Pengendali utama pada sistem ini menggunakan mikrokontroller yang telah diprogram dan sebagai penyesuaian waktu pembersihan dan pemberi pakan sapi. Metode yang digunakan pada alat ini adalah Prototype yang memiliki keunggulan pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menghemat waktu dan efesien. dari penelitian ini diharapkan bisa membantu para peternak, dalam pembersihan kandang dan pemberian pakan setiap harinya

Kata kunci : Mikrokontroller, Motor DC, Pakan Ternak, Sensor Ultrasonik.


Full Text:

PDF

References


Arni, Ulti Desi. 2018. Pengertian dan Dasar – Dasar Dari Mikrokontroler. Https://Garudacyber.Co.Id. (15 Agustus 2019).

Cici, Darsih.2019. Sistem Pemanfaatan Teknologi Informasi Pembersih Kotoran Kandang Sapi Otomatis Berbasis Mikrokonroler Di Bidang Peternakan. Prodi Teknik Informatika STMIK Sumedang.Sumedang.

Karim,Syaiful. 2013. Sensor dan Aktuator.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Jakarta.

Supriyanto, hadi STEMAN 2016 Rancang Bangun Sistem Pembersih Kandang Sapi Tipe Freestall Dengan Metode Logika Fuzzy Menggunakan Antarmuka Labview Politeknik Manufaktur Negeri Bandung ISBN 978-979-17047-6-2A-27.

Sarazil, Ary.2018.Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ternak Sapi Secara Otomatis Berbasis Arduino Uno.Prodi Instrumen Dan Otomasi Industri Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negri Lhokseumawe. ISSN 2581-2890

Sasmoko, Dani. 2017. Implementasi Penerapan Internet of Things (IoT) Pada Monitoring Infus Menggunakan Esp8266 dan Web untuk Berbagi Data.

Yuniar A. 2015. Aplikasi Motor DC sebagai Penggerak Pemberian Makanan Ikan Menggunakan Smartphone.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.