PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IOT) BERBASIS KOMUNIKASI SELULER UNTUK APLIKASI PEMANTAU DAN KONTROL PH AIR PADA SISTEM HIDROPONIK

IRSAN EKA SAPUTRA

Abstract


Dalam prosesnya, hidroponik memiliki kelemahan yaitu petani hidroponik harus memiliki pengetahuan untuk bisa menjaga pH air untuk tanaman agar tetap stabil dan terjaga. Karena hal tersebut sulit untuk bisa dipantau terus-menerus oleh petani pemula, maka dibuatlah suatu metoda untuk dapat memantau pH air dengan cara membuat sebuah perangkat yang dapat memantau pH air berbasis Internet of Things (IoT) sehingga petani dapat secara baik dapat mendeteksi dan menjaga pH air yang diperlukan untuk tanaman. Akan tetapi pada konsepnya, Internet of Things (IoT) dengan menggunakan dasar koneksi WiFi yang digunakan pada rancangan alat sebelumnya ini memiliki jarak yang pendek. Berdasarkan keperluan tersebut, dibuatlah rancangan pengembangan dari prototipe alat tersebut dengan menambahkan koneksi seluler dengan harapan dapat memberikan jarak yang lebih jauh dalam pemantauannya menggunakan jaringan internet.

Konsep rancangan alatnya menggunakan sensor pH dipasang pada tandon air hidroponik menginformasikan parameter nilai pH yang dapat dipantau nilainya. Dan dengan menggunakan mikrokontroler TTGO T-Call ESP32 yang digunakan pada alat, membuat alat ini dapat terhubung dengan internet dengan sistem IoT yang memiliki dua koneksi jaringan internet dengan mode koneksi WiFi dan mode koneksi seluler.

 

Kata Kunci : Internet of Things, Koneksi Seluler, Hidroponik, Mikrokontroler, Sensor pH Air.


Full Text:

XML

References


Eltra E. Barus, Andreas Ch. Louk, and Redi K. Pinggak, "Otomatisasi Sistem Kontrol PH dan Informasi Suhu pada Akuarium Menggunakan Arduino Uno dan Raspberry Pi 3," Jurnal Fisika Sains dan Aplikasinya, vol. III, no. 02, pp. 117-125, Agustus 2018.

GRobotronics. (2021, Juni) GRobotronics - The Ultimate Makerstore. [Online]. https://grobotronics.com/ttgo-t-call-esp32-with-sim800l-gprs-module.html

Susilawati, Dasar-Dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang, Indonesia: UnsriPress, 2019.

Sigit Warista, Setiawardhana, Delima Ayu Saraswasti, and Eko Susanto, Aplikasi Internet of Things (IoT) dengan ARDUINO dan ANDROID. Surabaya, Indonesia: Deepublish, 2019.

Wibawa Kurniawan, "Otomatisasi Pengaturan PH Air pada Sistem Hidroponik dengan Metode Nutrient Film Technique," e-Proceeding of Applied Science, vol. V, no. 03, pp. 2405-2412, Desember 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.