RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUANGAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DENGAN HYBRID SYSTEM PLTS OFF GRID

BRANTITA RIDHIAS WANDIRA

Abstract


Perkembangan internet yang sangat cepat memberikan kemudahan untuk mengendalikan suatu peralatan rumah yang mampu digunakan secara otomatis dengan jarak yang jauh. Dengan perkembangan Internet of Things, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan seperti penggunaan dengan jarak yang jauh. Maka, dirancang sebuah alat yang mampu memonitoring, mengunci pintu ruangan secara jauh dan praktis. Penggunaan jarak jauh yang otomatis menggunakan mikrokontroler NodeMcu Esp8266 yang sudah dilengkapi modul wifi dan juga solenoid door lock berguna untuk kunci pintunya dengan pengontrolan otomatis meggunakan aplikasi blynk dan pengontrolan manual menggunakan sensor fingerprint. Kemudian, sistem ini mampu memonitoring keadaan ruangan secara real-time menggunakan esp32 cam yang terdapat modul wifi didalamnya dan terhubung sebuah sensor PIR dengan pengontrolan yang otomatis masuk pada aplikasi telegram. Untuk membuat sistem keamanan ruangan selalu aktif dibutuhkan backup tegangan dari PLTS, jika tegangan utama PLN mengalami pemadaman. Kedua tegangan ini sudah terhubung dengan Automatic Transfer Switch dan bekerja secara full automatic.

 

Kata Kunci : Keamanan Ruangan, NodeMCU ESP8266, ESP32 CAM, Fingerprint, Automatic Transfer Switch, Aplikasi Blynk dan Telegram.

Full Text:

PDF

References


Arafat. "Sistem Keamanan Pintu Ruangan Berbasis Internet Of Things (IoT)

Dengan Esp8266." Technologia: Jurnal Ilmiah 7.4 (2016).

Burange, A. W., & Misalkar, H. D. (2015).

Review of Internet of Things in Development of Smart Cities with DataManagement & privacy.

Wassem, Muhammad. 2015. A Review On Internet Of Things (IoT). Jakarta.

Adi. (9 September 2019). “Esp32-CAM: Esp32 Dengan Kamera dan Slot SD”.https://id.oneguyoneblog.com/2019/09/09/esp32-cam-esp32-dengan-kamera-dan-slot-sd/. [Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021 jam 19.00]

Ahadiah, S., Muharnis, dan Agustiawan (2017). “Implementasi Sensor PIR Pada Peralatan Elektronik Berbasis Microcontroller”. Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 07 (1). 29-34..

Tobing, S. L. 2014. “Rancang Bangun Pengaman Pintu Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint).

Enjiner.com. 2020 Pembangkit Listrik

Tenaga Panas Matahari Dengan Panel Surya,https://enjiner.com/contact.com [Diakses pada 16 oktober 2021 jam 10:00]

Y. P. Atmojo, "Bot Alert Snort dengan Telegram Bot API pada Instrusion Detection System: Studi Kasus IDS pada Server Web," in Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018, Pontianak, 2018.

M.R. Patel. Wind and Solar Power System.

Washington, DC: CRC Press. 1984

Muhama Azhar, Dkk. 2018. Implementasi Kebijakan Energi Baru dan Energi

Terbarukan Dalam Rangka Ketahanan Energi Nasional. Adminitrative Law & Governance Journal. Vol. 1.

Pamor Gunoto dan Demontri Darmayani, (Nopember 2019), Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Proyektor Di Ruang A102 Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan, Jurnal Sigma Teknika, Volume 2, Nomor 2

Simon Roberts. Solar Electricity: A Practical Guide to Designing and Installing Small Photovoltaic Systems. Cambridge, UK: Prentice Hall International Ltd., 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.