PEMANFAATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER LISTRIK UNTUK BOX STERILISASI PADA BENDA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

ADITYA PRATAMA

Abstract


Pandemi covid-19 di Indonesia masih terus meningkat dan membuat masyarakat khawatir akan virus Covid-19 yang semakin menyebar luas di lingkungan serta benda yang ada di sekitar kita. Virus ini merupakan penyakit pernafasan akut yang disebabkan oleh virus corona yang biasa dikenal dengan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 atau disingkat dengan SARS Cov-2. Pengoperasian sistem ini bekerja berdasarkan tiga kategori yang berbeda dengan cahaya sinar UV yang berbeda, dimulai dari sinar matahari menyinari panel surya dan panel tersebut menyalurkan tegangan listrik melalui solar charger controller kepada baterai dan inverter. Tegangan dari baterai sebagai power supply untuk menghidupkan Step down, Nodemcu ESP32, sensor ultrasonik dan relay. Sedangkan tegangan dari inverter digunakan untuk menghidupkan tiga jenis lampu sinar UV yang berbeda. Sensor ultrasonik mendeteksi objek sesuai dengan jarak yang terbaca oleh sensor, kemudian mikrokontroleler ESP32 akan menerima data dari sensor dan diteruskan kepada lampu sinar UV sesuai jarak yang terbaca oleh sensor. Kemudian akan ada notifikasi melalui telegram berupa objek yang terbaca, kondisi lampu sinar UV dan notifikasi status sterilisasi sedang berlangsung atau sudah selesai.  Dari pemikiran tersebut dibuatlah rancangan alat yang mensterilisasi objek dengan cara otomatis tanpa harus menekan saklar secara manual. Manfaat dari sistem yang di bangun ini adalah dapat membantu manusia dalam menghindari virus salah satunya virus Covid-19 karena sinar UV mampu membunuh bakteri dan virus. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menunjukan bahwa box sterilisasi ini dapat mensterilisasikan benda seperti masker,uang kertas, handphone dan juga dapat mengecek keaslian uang dengan baik sesuai dengan program yang telah dibuat.

 

Kata Kunci : Box Sterilisasi, Nodemcu ESP32, Solar charger controller, Ultrasonik, Relay, Virus Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Arga, 2021, “Pengertian Arduino Uno dan Spesifikasinya”https://pintarelektro.com/pengertian-arduino-uno/ (di Akses pada 13 Oktober 2021 pukul 15.51).

Beetrona, 2020, “Pengertian ESP32 Modul Wifi Lengkap”https://beetrona.com/pengertian-esp8266-modul-wifi-lengkap/ (di Akses pada 8 Oktober 2021 pukul 16.06).

Goetzberger, A., V.U. Hoffmann. (2005). Photovoltaic Solar Energy

Hamid, Rikha Mirandha, Rizky, Mohamad Amin, dan Ida Bagus D. “Rancang Bangun Charger Baterai Untuk Kebutuhan UMKM”, Teknik Mesin Politeknik Negeri Balikpapan. 2016.

Info, Software, 2017, “Apa itu Arduino IDE dan Arduino Sketch ?” http://allgoblog.com/apa-itu-arduino-ide-dan-arduino-sketch/ (di Akses pada8 Oktober 2021 pukul 07.47).

Janaloka, 2017, “Fungsi Solar Charger Controller pada Sistem Panel Surya”https://janaloka.com/fungsi-solar-charger-controller-pada-sistem-panel-surya/ (di Akses pada 9 Oktober 2021 pukul 09.19).

Jurnal Nasional teknik elektro (2021) “Perancangan Sistem Disifektan UV-C Sterilisasi Paket Sebagai Pencegahan Penyebaran Virus Covis-19”

Kho, Dickson., “Pengertian Inverter dan Prinsip Kerjanya”https://teknikelektronika.com/pengertian-inverter-prinsip-kerja-power-inverter/ (di Akses pada 9 Oktober 2021 pukul 10.18).

Kho, Dickson, “Pengertian Relay dan Fungsinya” https://teknikelektronika.com/pengertian-relay-fungsi-relay/ (di Akses pada 09 Oktober 2021 pukul 16.05).

Luque, Antonio., dan Steven Hegedus (2nd). (2011). Handbook of Photovoltaic Science and Engineering. India: Wiley

M.mediaindonesia.com “Dengan UV Box Masker N-95 bisa dipakai berulang kali”

Nise, Norman S.(2015). Control Systems Engineering (7th), Pamona: Wiley.

Notosudjono, Didik., dan Fikri Adzikri.(2018). Teknologi Energi Terbarukan, Bogor: Unpak Press.

Notosudjono, Didik., et al. “Solar Power Plant Tracker Upgrade and MPPT Control with Internet of Things”. 2019.

Pradana, Michael Aditya Putra., dan Tjendro.”Prototype Sistem Kontrol Otomatis Pada Pembangkit Listrik Alternatif Tegangan Rendah”, Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Volume 12, Nomer 2. 2016.

Precup, Radu Emil., Tariq Kamal., dan Syed Zulqadar Hassan. (2019). Solar Photovoltaic Power Plants, Singapur:Springer. Generation, German: Springer.

Repositori.usu.ac.id (2021) “Perancangan kotak Sterilisasi Ultraviolet Otomatis”

Saputro, Tedy Tri, 2019, “Apa Itu Bootloader Pada Mikrokontroler, Dan Mengapa Diperlukan?” https://embeddednesia.com/v1/apa-itu-bootloader- pada-mikrokontroler-dan-mengapa-diperlukan/ (di Akses 9 Oktober 2021 pukul 08.01).

Wiranto dan Ade Kurniawan, “Sejarah, Cara Kerja Dan Manfaat Internet Of Things” Program Studi Teknik Informatika, Universitas Universal, 2018.

WikiElektronika.com “Mengenal sensor Ultrasonik dan cara kerjanya”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.