OPTIMALISASI BANDWIDTH PADA JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS PAKUAN

NOVIA TRI SAPTURIDA

Abstract


Dalam sistem pembelajaran e-learning menggunakan LMS, internet merupakan hal yang harus diperhatikan. Jaringan komputer termasuk besar bandwidth yang tersedia sangat berpengaruh pada kualitas sistem e-learning. Di Universitas Pakuan, sistem e-learning sudah mulai diterapkan. Namun berdasarkan data dari Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) Fakultas Teknik Universitas Pakuan, hanya 3% dan 25% saja yang menilai sangat baik dan baik terhadap sistem e-learning menggunakan LMS. Sebanyak 72% lainnya menilai cukup, kurang dan sangat kurang. Untuk itu, diperlukan optimalisasi bandwidth agar jaringan komputer dapat digunakan dengan optimal. Dalam optimalisasi bandwidth dibutuhkan data jaringan komputer meliputi topologi jaringan, manajemen bandwidth yang sudah digunakan serta besar bandwidth yang sudah ada di Universitas Pakuan. Jaringan Komputer di Universitas Pakuan saat ini masih menggunakan metode Simple Queue sebagai manajemen bandwidth-nya. Optimalisasi yang dilakukan yaitu menganalisis metode manajemen bandwidth-nya. Dari hasil analisis konfigurasi manajemen bandwidth agar sistem e-learning di Universitas Pakuan dapat berjalan optimal dengan bandwidth yang tersedia sebesar 550 Mbps, maka digunakan manajemen bandwidth dengan metode Queue Tree, serta dengan menambah bandwidth-nya. Jumlah bandwidth maksimal yang dibutuhkan Universitas Pakuan untuk sistem e-learning yaitu sebesar 3,9 Gbps.

Kata Kunci : e-learning, LMS, Jaringan Komputer, Manajemen Bandwidth


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Darin E. Hartley (2001), “Selling e-Learning”, American Society for Training and Development.

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) Fakultas Teknik Universitas Pakuan

Muhammad Syarif Pagala. 2017. Optimalisasi Manajemen Bandwidth Jaringan Komputer Menggunakan Metode Queue Tree DAN PCQ (Peer Connection Queue). Kendari : Universitas Halu Oleo.

https://repository.unikama.ac.id/378/1/Modul %20 Jarkom%20ISBN.pdf (diakses 19 Januari 2022)

R. Towidjojo, Mikrotik Kungfu Kitab Manajemen Bandwith. JASAKOM, 2013

https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/varia bel/895 (diakses 24 Februari 2022)

https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2020/08 /03/bandwidth-menghitung-kebutuhannya-car a-sederhana-memahaminya/ (diakses 26 Februari 2022)

https://support.zoom.us/hc/en-us/articles/2013 62023-Zoom-system-requirements-Windows-macOS-Linux (diakses 21 Januari 2022)

H. Supendar and Y. Handrianto, “Simple Queue Dalam Menyelesaikan Masalah Manajemen Bandwidth Pada Mikrotik Bridge,” Ict J., vol. 4, no. 1, pp. 21–30, 2017.

Athailah, 2013, Mikrotik Untuk Pemula, Mediakita, Jakarta.

https://mikrotik.com/product/RB941-2nD (diakses 15 Maret 2022)

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Pakuan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.