PERENCANAAN SISTEM PENERANGAN JALAN UMUM PHOTOVOLTAIK DI TAMAN WISATA MATAHARI

WAHYU SETIO HADI

Abstract


ABSTRAK

 

Pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di lingkungan Taman Wisata Matahari merupakan kebutuhan dasar untuk membantu aktivitas pengunjung di malam hari. Dengan adanya Penerangan Jalan Umum (PJU) ini bertujuan untuk menunjang keamanan dan keselamatan para pengunjung di Taman Wisata Matahari pada malam hari. Karena kegiatan dari pengunjung di Taman Wisata Matahari tidak sebatas pada siang hari namun malam hari pun masih ada aktivitas pengunjung dan warga sekitar di Taman Wisata Matahari. Penerangan konvensional merupakan langkah yang kurang tepat untuk di terapkan di Taman Wisata Matahari, karena biaya listrik bulanan untuk semua operasional wahana pada Taman Wisata Matahari sudah sangat mahal. Maka dari itu dibutuhkan penerangan jalan umum photovoltaik. Dengan potensi tenaga surya yang besar, maka penerangan tenaga surya dengan PJU untuk di lingkungan Taman Wisata Matahari sangatlah cocok. Penelitian dilakukan di Taman Wisata Matahari yang meliputi seluruh lokasi yang ada di Taman Wisata Matahari. Agar aspek teknis dan ekonomis tercapai, perencanaan PJU membutuhkan 159 tiang dengan rincian 78 tiang lengan tunggal, 81 tiang lengan ganda. Dengan total daya 2.880 Watt dengan total biaya  Rp.2.508.247.200,-.

 

Kata Kunci : PJU-TS, Photovoltaik, Taman Wisata Matahari


Full Text:

PDF

References


Anggara, I.W.G.A. Kumara, I.N.S. Giriantari, I.A.D. 2014. “Studi Terhadap Unjuk Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya 1,9 Kw Di Universitas Udayana Bukit Jimbaran” E-Journal, Spektrum, Vol. 1, No.1, hal ; 118- 122.

Asnal, E dan Rozanta, N 2015. “Penataan Dan Meterisasi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara” Jurnal Teknik Elektro Institut Teknologi Padang, Vol. 1, No. 2, hal ; 9.

Alfarisi, S. dan Yasri, I. 2016. “Aspek Pembuatan Model Listrik Hibrid Untuk Pemakaian Beban Rumah Tangga di Kota Pekanbaru”. Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau. Jom, Fteknik, Vol. 3, No. 2, hal ; 5.

Gomez J.C. and Pehlken, A. 2017 “Resource Availability in Photovoltaics” International Conference on Environmental Science and Technology.

Hasan, Hasnawiya. 2012. “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi”. Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK) Vol. 10, No. 2, hal ; 173-175.

Karina A. dan Satwiko S. 2015. “Studi Karakteristik Arus-Tegangan (Kurva I-V) Pada Sel Tumggal Polikristal Silikon Serta Pemodelannya”. Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.

Pratama O.A.B. 2012. “Perancangan Penerangan Lampu Jalan Jenis Lampu LED di Jalan Tol Tembalang-Banyumanik Dengan Menggunakan Dialux Evo”. Penerbit Universitas Diponegoro.

Rezky, F.E. 2013. “Energi Panas Matahari Sebagai Alternatif” Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia Makasar.

Ramadhan, S.G. dan Rangkuti, C.H. 2016. ”Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Atap Gedung Harry Hartanto Universitas Trisakti”.

Reviani, Vinni. 2012. “Pembuatan Battery Charger Regulator (BCR) Sistem On-Off Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya”. Teknik Konversi Energi Politeknik Bandung.

SNI 7391. 2008. Spesifikasi Penerangan Jalan di Kjawasan Perkotaan” Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Srinivasan, S. and Kottam V.K.R. 2018 “Solar photovoltaic module production” International Jounal Renewable and Sustainable Energy Reviews.

SNI PLN. 2011 “Pedoman Untuk Instalasi Listrik (PUIL)".

Warsiyanto, Eko. 2015. “Prototipe Solar Dryer Portable Untuk Rumput Laut Dengan PLTS Berbasis Mikrokontroler”. Penerbit Universitas Lampung Bandar Lampung.

Wibawa, Unggul. 2001. Sumber Daya Energi Alternatif, Penerbitan Universitas Brawijaya Malang.

Zulnisyah, P.W. 2015. “ Perencanaan Set Up Karakterisasi Panel Surya”. Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.