PERBANDINGAN KOORDINAT GPS DAN GLONASS HASIL PENGOLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BERNESE

JEKSON EDUARD TAUHO

Abstract


Global Navigation Satellite System (GNSS) merupakan salah satu teknologi dalam penentuan posisi global yang didesain untuk dapat memberikan posisi, kecepatan, dan waktu di permukaan bumi pada setiap saat dan waktu tanpa tergantung cuaca. GNSS terdiri dari gabungan atau kumpulan sistem satelit navigasi GPS, Glonass, Galileo, Compass/Beidu, IRNSS dan QZSS. Perpaduan teknologi-teknologi tersebut dapat membuat hasil penentuan posisi suatu titik menjadi semakin akurat, hanya saja beberapa alat penerima sinyal (receiver) di Indonesia saat ini kebanyakan baru dapat menerima sinyal dari GPS dan Glonass saja. GPS (Global Positioning System) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelityang dioperasikan oleh Amerika Serikat. Alat penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit GPS yang mengitari bumi terdiri dari 24 satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan dalam 6 bidang orbit yang bentuknya sangat mendekati mendekati lingkaran. Setiap orbit ditempati oleh 4 buah satelit dengan interval antara yang tidak sama. Orbit satelit GPS berinklinasi 55° terhadap bidang equator dengan ketinggian rata-rata dari permukaan bumi sekitar 20.200 km. GLONASS (Globalnaya Navigatsionnaya Sputnikovaya Sistema) didesain untuk dapat memberikan posisi, kecepatan, dan waktu di permukaan bumi pada setiap saat dan waktu tanpa tergantung cuaca seperti halnya dengan GPS dan dioperasikan oleh Rusia. Satelit Glonass yang mengitari bumi terdiri dari 24 satelit dalam 3 bidang orbit berinklinasi sekitar 65°, masing-masing 8 satelit untuk setiap orbitnya. Orbit satelit sekitar 1000 km lebih rendah dari orbit GPS, sehingga periode orbitnya juga lebih pendek, yaitu sekitar 43 menit. GNSS banyak digunakan di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi terutama aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi ataupun perubahan posisi.

Kata kunci: GNSS, GPS, GLONASS, BERNESE

Full Text:

PDF

References


Abidin, H.Z. 2001. Geodesi Satelit. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Abidin, H.Z. 2007. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Abidin, H.Z., A. Jones, dan J. Kahar. 2007. Survei Dengan GPS. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Bakara, J. 2011. Perkembangan Sistem Satelit Navigasi Global dan Aplikasinya. Berita Dirgantara Vol. 12 No. 2 Juni 2011: 38-47.

Dach, R., U. Hugentobler, P. Fridez, dan M. Meindl. 2007. Bernese GPS Software Version 5.0. Astronomical Institute, University of Bern.

Dach, R., U. Hugentobler, dan P. Walser. 2007. Tutorial Bernese GPS Software Version 5.0. Astronomical Institute, University of Bern.

Fallah, S. 2017. Perbandingan Koordinat Stasiun CORS yang Dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial dengan pengolahan Menggunakan Software Ilmiah Bernese (studi kasus: Stasiun CORS Pulau Sumatera). Tugas Akhir Teknik Geodesi Universitas Pakuan.

GLONASS (Global Navigation Satellite System, Russia), alamat situs http://www.Novatel.com/An-Introduction-to-GNSS/Chapter-3-Satellite-Systems/GLONASS/ (diakses tanggal 13 Agustus 2017)

IGS, IGS Products, Situs: http://igscb.jpl.nasa.gov. (diakses tanggal 24 Juli 2017)

Jaelani, A. 2016. Kajian Koordinat Batas RI-PNG dalam Kerangka International Terrestrial Reference Frame (ITRF 2000, ITRF 2005, ITRF 2008 dan ITRF 2014). Tugas Akhir Teknik Geodesi Universitas Pakuan.

Jam Satelit, Situs: ftp://ftp.unibe.ch/aiub/BSWUSER52/GEN (diakses tanggal 24 Juli 2017)

Rotation Pole, situs ftp://ftp.unibe.ch/aiub/BSWUSER52/ORB (diakses tanggal 24 Juli 2017)

SRGI. Sejarah Sistem Referensi Geospasial di Indonesia, situs: http://srgi.big.go.id (diakses tanggal 24 Juli 2017)

Teunissen, P., dan Oliver Montenbruck (Eds.). 2017. Springer handbook of Global Navigation Satellite System. Switzerland : Springer nature.

Torge, Wolfgang. 1991. Geodesy 2nd Edition. Institutute für Erdmessung, Universität Hanover.

Wallenhoff, BH., H. Lichtenegger, dan E. Wasle, 2008. GNSS – Global Navigation Satellite Systems. Verlag Wien: Springer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.