PENENTUAN RADIUS ZONA TERDEKAT DAN DOMISILI CALON SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENURUT PPDB MENGGUNAKAN GEOCODING DENGAN METODE ADDRESS LOCATOR DAN PENGEMBANGAN APLIKASI WEBGIS

ARIEF FADLIKA ARIYANTO

Abstract


Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah tingkatan akhir dari pembelajaran dasar dan menjadi pintu gerbang untuk masuk pada jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi atau kampus. Pemerintah melalui Permendikbud Nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),  mengatur  bahwa  Sekolah  yang  diselenggarakan  oleh    pemerintah  daerah  melaksanakan PPDB dimulai pada bulan Mei setiap tahun.Pada pasal 14 tertulis bahwa seleksi  calon  peserta  didik baru  kelas  10  (sepuluh) SMA atau bentuk lain yang sederajat mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar, salah satunya ialah kriteria jarak tempat tinggal ke Sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi. Dalam menentukan kriteria  tersebut  masih  terdapat  masyarakat  yang  belum  mengetahui  jarak rumah  calon  siswa  ke Sekolah yang diinginkan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka dikembangkan sistem yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah Dinas Pendidikan Kota Bogor dan Pihak Sekolah yaitu dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu menggunakan Geocoding dengan metode address locator untuk menentukan jarak tempat tinggal PPDB dengan sekolah yang dituju dan dilengkapi  dengan  kriteria  lainnya  seperti  tertuang  pada  Permendikbud  nomor  14  tahun  2018, sehingga dihasilkan zonasi   berdasarkan perolehan Skor. Selanjutnya, agar informasi tersebut dapat diakses dengan mudah oleh berbagai pihak maka dikembangkan dengan sistem WebGIS.

 

Kata Kunci : Permendikbud nomor 14 tahun 2018, Sistem Informasi Geografis (SIG), WebGIS.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2018. Diakses 1 Januari 2019.

Nirmalasari. 2013. MakalahWebGIS. TeknikInformatika.http://nirmalasarii.blogspot.com/2013/03/makalah-web-gis.html. Diakses 1 Januari 2019

Jhon E. Harmon dan Steven J. Anderson

The Design And Implementation Of Geographic Information System. John Wiley.

Prahasta, Eddy.2006. Membangun Aplikasi Web-based GIS dengan MapServer. Bandung : Informatika Bandung

Prahasta, Eddy. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika Bandung.

Prahasta, Eddy. 2015. Tutorial ArcGIS Untuk Bidan Geodesi & Geomatika. Bandung: Informatika Bandung

Putra, Gilang Oktora. 2016. Pembuatan Aplikasi Nama-nama Geografi Berbasis WEB. Bogor : Universitas Pakuan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.