MONITORING PERUBAHAN GARIS PANTAI DISEKITAR PANTAI UTARA KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI

ERIK ANTONIUS PARDEDE

Abstract


Perubahan garis pantai atau evolusi pantai terjadi setiap saat dengan berbagai variasi dan penyebab Perubahan garispantai sejalan dengan dinamika alam seperti adanya aktivitas gelombang, angin, pasang surut air laut, arus serta sedimentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan garis pantai dan rata-rata laju erosi dan akresi di Pantai Utara Kota Semarang berdasarkan citra satelit.

Metode monitoring perubahan garis pantai dengan menggunakan citra satelit resolusi tinggi, karena memiliki akurasi tinggi dan lebih mudah dilakukan visualisasi saat melakukan penentuan posisi garis pantai. Penggunaan teknik penginderaan jauh pada dataset Citra Satelit dan teknik Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sebuah metode yang murah dan mudah dalam penyediaan data liputan kawasan pesisir dan dinamika didalamnya

Berdasarkan hasil analisis perubahan garis pantai di Pantai Utara Kota Semarang dengan metode overlay, Terlihat adanya perubahan garis pantai 2013 s/d 2019 yang diakibatkan adanya abrasi seluas 50,66 ha atau sebesar 31% dan akresi seluas 191,90 ha atau sebesar 46%. Perubahan yang terjadi lebih banyak diakibatkan adanya akresi yang disebabkan oleh pembangunan dan tumbuhnya tanaman mangrove.

Kata kunci: Citra Satelit, Garis pantai, monitoring perubahan


Full Text:

PDF

References


Adiwijoyo. Perbandingan Teknik Resampling Pada Citra Hasil Pan-Sharpening Untuk Pemetaan Penutup Lahan Dengan Menggunakan Klasifikasi Terselia Maximum Likelihood

Candrayana dan Putu Aryastana.2016. Perubahan Garis Pantai Dengan Citra Satelit di Kabupaten Gianyar.

Catalog Inderaja Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). https://inderaja-catalog.lapan.go.id/application_data/default/index.html

Fitria Istiqomah Mega, Sutrisno dan Adi Wijaya.2018. Analisis Perubahan Garis Pantai Kabupaten Jembrana dengan Menggunakan Citra Satelit Landsat 8.

Gisda Aliska P.2018. Orthorektifikasi Citra SatelitResolusi Tinggi Menggunakan Software Pixel Factory dengan Koordinat Orthosistematik di Wilayah Bangka . Bogor : Universitas Pakuan.

Handayani Dewi, Soelistijadi dan Sunardi.2005 Pemanfaatan Analisis Spasial Untuk Pengolahan Spasial Sistem Informasi Geografi.

Istiqomah Mega F.2018 Analisis Perubahan Garis Pantai Kabupaten Jembrana dengan Menggunakan Citra Satelit Landsat 8

Muttaqin Andik D.2014 Analisis Perubahan Garis Pantai Tanjungwidoro Menggunakan Data Citra

Novia Wulandari Ika.2020. Dinamika Perubahan Garis Pantai Di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Ode Alirman Afu, Halili dan Halim.2016. Studi Perubahan Garis Pantai Dengan Pendekatan Pengindraan jauh Di wilayah Peisisr Kecamatan Soropia.

Ramdhan M. dan Yulius. 2013 Perubahan Garis Pantai di Teluk Bungus Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Analisis Citra Satelit. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis

Rizwan Thaib, Ichsan Setiawan dan Teuku Reihansyah.2016 Studi Perubahan Garis Pantai Di Wilayah Pesisir Perairan Ujung Blang Kecamatan Banda Sakti Lhoksumawe.

Salam Tarigan M.2007. Perubahan Garis Pantai di Wilayah Pesisir Perairan Cisadane, Provinsi Banten.

Syaeful Hadi Bambang. 2019. Penginderaan Jauh Pengantar Ke Arah Pembelajaran Berpikir Spasial Edisi Pertama. Yogyakarta: UNY Press.

Syamsul Rijal S. Ahmad.2010. Buku Ajar Penginderaan Jauh. Gorontalo:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.