PENGEMBANGAN WEBGIS INFORMASI GEOSPASIAL TEMATIK KOTA SUKABUMI

INSAN NUR

Abstract


Pemerintah Kota Sukabumi sejak tahun 2012 telah menghimpun data dan informasi  geospasial tematik yang disajikan dalam format jpeg pada situs resmi Pemerintah Kota Sukabumi, namun masih terdokumentasi dalam bentuk daftar dalam sistem komputer, belum terhimpun dalam suatu wadah yang memberikan kemudahan untuk mengakses data dan informasi tersebut. Teknologi Sistem Informasi Geografis berbasis web atau WebGIS, merupakan pilihan yang tepat untuk berbagi data dan informasi geospasial. WebGIS memiliki fitur yang dapat mendukung dalam menampilkan dan menganalisis data yang dapat secara bebas diakses melalui internet. Tersedianya data dan informasi geospasial yang disusun terstruktur dengan manajemen data yang baik sehingga dapat diakses dan dikelola untuk keperluan Pemerintah Kota khususnya serta masyarakat luas. Data dan informasi yang tersedia di Pemerintah Kota Sukabumi meliputi: batas wilayah, kepadatan penduduk, tata ruang, geologi, perkebunan, pertanian dan lain sebagainya. Data dalam formati jpeg tersebut diolah, didisain simbol-simbolnya, dibuat layout petanya sesuai kaidah kartografi (pemetaan) menggunakan software ArcGIS, agar peta-peta yang ditampilkan menarik dan informatif, Langkah selanjutnya mendisain WebGIS, menggunakan perangkat lunak OpenLayers untuk tampilan di localhost dan menggunakan software WampServer untuk ditampilkan di internet. Hasilnya ditempatkan di dalam website Prodi Geodesi melalui link: http://geodesi.ft.unpak.ac.id/peta/sukabumi/.

 

Kata Kunci : Arcgis, Data Spasial, Informasi Geospasial Tematik, WebGis, WampServer,


Full Text:

PDF

References


Abidin. 2001. Geodesi satelit. Institute teknologi Bandung.

Nirmala, Jenny. 2019. Informasi Geospasial Tematik Berbasis WebGis Kabupaten Bogor Jawa Barat. Bogor. Universitas Pakuan

Apriyanto, Arief F.2019. Pemetaan Sebaran dan Informasi Sekolah Menengah Atas Kota Bogor Menggunakan Software ArcGis dan Aplikasi WebGIS. Bogor. Universitas Pakuan

BPS. 2019 Kota Sukabumi Dalam Angka 2019, https://sukabumikota.bps.go.id/publication/2019/08/16/kota-sukabumi-dalam-angka-2019.html. Diakses 15 Mei 2020.

Prahasta. (2001). Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi, Informatika, Bandung

Prahasta. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung: Informatika Bandung.

Prahasta. 2014. Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika) Edisi Revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Pemerintah Republik Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial. Jakarta.

Paryono. 1994. Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta : Andi Offset.

Prihandito. 2010. Proyeksi Peta. Penerbit kanisius. Yogyakarta

Subagio, 2003. Pengetahuan Peta. Bandung. Institut Teknologi Bandung

Sidik, B dan Pohan, H.I. 2007. Pemograman Web dengan HTML.Bandung. Informatika Bandung

Riyanto, Dkk. 2019. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web. Gava Media.

Tj Ahyadi. 2009. Sistem Proyeksi Peta. Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam Ittelkom. https://www.slideshare.net/lailiaidi/sistem-proyeksi-peta-3144291 Diakses 5 Mei 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.