Pembuatan Aplikasi Nama-Nama Geografi Berbasis Web

Gilang Oktora Putra

Abstract


Peta bisa disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk peta konvensional (analog) yang tercetak hingga peta dijital yang ditampilkan di layar komputer baik secara online maupun offline. Hadirnya aplikasi Web MapServer (WMS) menjadikan pekerjaan membuat peta dijital menjadi lebih mudah dan interaktif.

Aplikasi WMS adalah melakukan pembacaan data dari banyak sumber dan menempatkannya ke dalam layer-layer secara bersamaan menjadi file grafik. Setiap layer saling overlay satu dengan lainnya dan ditampilkan ke dalam web browser. Aplikasi WMS menghasilkan keluaran berupa file grafik berdasarkan masukan yang diberikan oleh user. Komponen kuncinya adalah aplikasi WMS executable yang terdiri dari program CGI (Common Gateway Interface), file peta, sumber data dan output gambar. Seperti pada gambar dibawah ini semua komponen bekerja bersama-sama, setelah user melakukan request atau permintaan maka CGI mengakses file peta, menggambarkan informasi yang didapat dari sumber data dan kembali menampilkannya pada peta. Dalam penelitian ini digunakan perangkat lunak yang berbasis OpenSource yaitu PMapper, yang merupakan sebuah keluaran produk aplikasi pengembangan dari software MapServer yang tujuannya adalah untuk mengembangkan aplikasi pemetaan secara online nama-nama geografi dan data nama geografi dalam basis data.

Dalam tugas akhir ini penulis mencoba membuat aplikasi nama-nama geografi yang disajikan dalam sebuah peta dijital pada layout PMapper menggunakan software tersebut di atas sebagai perangkat lunak untuk mengolah dan melakukan analisa terhadap pemodelan peta dijital yang berbasiskan web.

 

Kata kunci : Peta , PMapper, MapServer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.