GEOLOGI DAERAH KLEPU DAN SEKITARNYA, KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN KABUPATEN MALANG, PROVINSI JAWA TIMUR

AL ASLAMI DZAR AL GHIFARI

Abstract


Tujuan penelitian geologi daerah Klepu dan Sekitarnya, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur adalah untuk mengetahui sejarah perkembangan bentangalam (paleogeografi), sejarah perkembangan cekungan, dan sejarah perkembangan tektonik daerah penelitian. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, penelitian lapangan, analisa laboratorium dan studio yang keseluruhan dituangkan dalam sebuah laporan Tugas Akhir.Hasil yang dicapai dalam penelitian dan pemetaan geologi daerah Klepu dan Sekitarnya, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur . Hasil yang dicapai dalam penelitian dan pemetaan geologi daerah Klepu dan sekitarnya, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Geomorfologi daerah penelitian berdasarkan morfogenesanya dapat dibagi menjadi 3 (tiga) satuan geomorfologi, yaitu: (1). satuan geomorfologi perbukitan homoklin yang berstadia dewasa dan satuan geomorfologi perbukitan karst dengan jentera geomorfik dewasa dan (3). satuan geomorfologi dataran aluvial berstadia muda. Pola aliran sungai yang terdapat di daerah penelitian adalah berpola radial yang dikontrol oleh aliranya yang menyebar dari suatu ketinggian dan stadia erosi sungainya berada pada tahapan muda dan dewasa.Satuan batuan yang terdapat di daerah penelitian dari tua ke muda adalah satuan batuan batupasir selang seling breksi sisipan batulempung dan tuff Formasi Wuni berumur N7 – N9 atau kala Miosen Awal Bagian Tengah – Miosen Tengah Bagian Atas pada kedalaman 5 – 30 m atau neritik pinggir; Satuan batuan batugamping Formasi Wonosari diendapkan secara menjemari dengan satuan batuan batupasir selang seling breksi sisipan batulempung dan tuff Formasi Wuni pada Lower Tf  atau Miosen Tengah  pada lingkungan laut dangkal; Satuan endapan aluvial menutupi satuan batuan yang ada dibawahnya yang dibatasi oleh bidang erosi. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah struktur kekar, struktur lipatan homoklin dan sesar geser jurus. Keseluruhan struktur yang terdapat di daerah penelitian terjadi dalam satu periode orogenesa (tektonik) yaitu dimulai pada   Miosen Tengah hingga Pleistosen dengan arah gaya N 2100 E atau berarah Baratdaya – Timurlaut.

 

Kata Kunci:  Geomorfologi, Stratigrafi, Struktur Geologi, dan Sejarah Geologi


Full Text:

PDF

References


Adam, C.G. 1970. A Reconsideration of The East Indian Letter Classification of The Tertiary. Bulletin of Bristish Museum (Natural History) Geology. Vol. 19, No.3, London

Blow, W. H. dan Postuma J. A., 1969, Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy, Proceeding of The First.

Cushman, J.A., 1969 Foraminifera Their Classification and Economic Use, Cambridge, Massachusets, USA Harvard University Press.

Dunham, R.J., 1962, Classification of Carbonat Rock According to Depositional Texture, Houston, Texas, USA.

Lobeck, A.K., 1939, Geomorphology: an Introduction to the study of Landscape, New York and London: Mc Graw-Hill Book Company. Inc.

Maul, 2009 ,Sejarah Pegunungan Selatan, di kutip dari https://wingmanarrows.wordpress.com/2009/10/07/sejarah-geologi-zona-pegunungan-selatan-jawa-timur/ Di akses pada tanggal 15 Mei 2017

Moody J.D., dan Hill M.J., 1956, Wrench Fault Tectonics, Bulletin of the Geological Society of America.

Pheleger, F.B., 1951, Ecology of Foraminifera, Nortwest Gulf of Mexico, GSA Memoir 46.

Pulonggono dan Martodjojo., 1994, Perubahan Tektonik Paleogen-Neogen Merupakan Peristiwa Tektonik Penting di Jawa. Proceding Geologi dan Geologi Teknik Pulau Jawa, ISBN, UGM Yogyakarta.

Sujanto, R. Hadisantono, Kusnama, R.Chaniago dan R. Baharudin, 1992, Geologi Lembar Kebumen 1 : Turen – Jawa (Geologic Map of The Kebumen Quadrangle – Jawa), Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Pertambangan dan Energi, Bandung.

Surono., Toha, B., Sudarno, I.,Wiryosujono, S., 1992, Stratigrafi Pegunungan Selatan, Jawa Tengah, P3G-Ditjen GSM Dept. Pertamben, Bandung.

van Bemmelen, R.W., 1949. The Geology of Indonesia, Vol. IA: General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes, The Hague, Martinus Nijhoff, vol. 1A, Netherlands.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.