GEOLOGI DAERAH PABUARAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN BOGOR,PROVINSI JAWA BARAT

DERI FIRMANSYAH

Abstract


Penelitian pemetaan geologi dilakukan di daerah Pabuaran, Bogor-Jawa barat dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tentang kondisi geologi yang meliputi geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi dan sejarah geologi. Secara geomorfologi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 4 genetika pembentukan bentangalam, yaitu satuan geomorfologi perbukitan lipat patahan yang berstadia dewasa, satuan geomorfologi perbukitan karst yang berstadia dewasa, satuan geomorfologi bukit gunungapi, dan satuan geomorfologi dataran alluvial dengan stadia muda. Pola aliran daerah penelitian berpola trellis dan stadia sungai muda dan dewasa. Secara litostratigrafi, satuan batuan dari tua ke muda adalah satuan batulempung sisipan batupasir yang diendapkan pada kala Miosen Tengah sampai Miosen Akhir (N13-N16) yang menjemari dengan satuan batugamping, satuan breksi vulkanik yang diendapkan di darat yaitu di medial vulcanoclastik dan satuan alluvial sungai merupakan satuan termuda di daerah penelitian yang merupakan hasil rombakan batuan-batuan yang lebih tua. Struktur geologi di daerah penelitian terjadi dalam satu periode tektonik yaitu pada kala intra miosen dan Pliosen - Plistosen dengan arah gaya utama utara – selatan yang mengakibatkan satuan batulempung sisipan batupasir, dan satuan batugamping mengalami perlipatan membentuk perbukitan memanjang berarah barat timur dan sesar berupa sesar mendatar.batuan-batuan yang lebih tua.

Kata-kata Kunci :  Geologi, Formasi, Pabuaran.


Full Text:

PDF

References


Bemmelen, R.W. Van, 1949, The Geology of Indonesia, The Hague Martinus Nijhoff, Vol.1A, Netherlands.

Blow, W. H. and Postuma J. A. 1969. “Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigra phy”, Proceeding of The First.

Effendi Dkk, 1998, Peta Geolgi Lembar Bogor, Jawabarat, Skala 1:100.000, Direktorat Geologi, Bandung.

Thornbury, D., Principles of Geomorphology, Second Edition, John Willey and Sons Inc., New York, London, Sydney, Toronto, 594.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.