GEOLOGI DAERAH CIBENDA DAN SEKITARNYA KECAMATAN CIPONGKOR, KABUPATEN BANDUNG BARAT, JAWA BARAT

RYANA GEBI HARSADI

Abstract


Lokasi penelitian terletak di Daerah Cibenda dan sekitarnya, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Penelitian mencakup geomorfologi, stratigrafi, struktur geologi dan sejarah geologi. Satuan geomorfologi di daerah penelitian terdiri dari (1.)Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, (2.) Satuan Geomorfologi Bukit Intrusi, dan (3.)Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungai yang berkembang adalah pola aliran rektangular dengan genetika sungai subsekuen, obsekuen dan konsekuen. Jentera geomorfik secara umum masuk ke dalam tahapan tua. Satuan batuan yang terdapat di daerah penelitian mulai dari tua ke muda adalah Satuan Batuan Batupasir Selang-seling Tuf (Formasi Cantayan) yang berumur Miosen Akhir bagian awal (N15-N16), diendapkan pada Neritik Tengah. Kemudian, secara selaras di atasnya diendapkan Satuan Batuan Batupasir Tufan Sisipan Breksi dan Batupasir Gampingan (Formasi Cantayan) yang berumur Miosen Akhir bagian akhir (N17-N18), diendapkan pada Neritik Tengah. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah lipatan dan patahan. Pembentukan struktur geologi di daerah penelitian dimulai pada kala Pliosen, dengan arah gaya N1600E atau relatif baratdaya-timurlaut.

Kata Kunci:  Geomorfologi, Cibenda, Sejarah Geologi, Stratigrafi, Struktur Geologi.


Full Text:

PDF

References


Bakosurtanal, 1999, Peta Rupa Bumi Digital Indonesia 1 : 25.000 Lembar 1209-221 Ciakar, Edisi I-1999, BAKORSURTANAL, Bandung

Sudjatmiko, 1972, Peta Geologi Lembar Cianjur-9/XIII-E, JawaBarat, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Bemmelen, R.W. Van, 1949, The Geology of Indonesia, The Hague Martinus Nijhoff, Vol. 1A, Netherlands.

Blow, W. H. dan Postuma J. A. 1969. “Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy”, Proceeding of The First.

Lobeck, A. K., 1939, Geomorphology: An Introduction to the Study of Landscapes, Mc.Graw-Hill Book Company, New York.

Phleger., Fred.,Parker L. F., 1951. Foraminifera Species, Part II, Scripps Institution of Oceanography, La Jolla, California.

Thornbury, William D., Principles of Geomorphology, Second Edition, John Willey and Sons Inc., New York, London, Sydney, Toronto, 594 p.

Asikin, dkk 1986, Geologi Struktur Indonesia, Departemen Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung.

Noor, Djauhari, 2014, Geomorfologi, Edisi Pertama, Penerbit Deepublish (CV Budi Utama), Jalan Kaliurang Km 9,3 Yogyakarta 55581.ISBN 602280242-6, h.326.

Noor, Djauhari., 2012, Pengantar Ilmu Geologi, Fakultas Teknik Jurusan Geologi, Universitas Pakuan, Bogor.

D., Denny. S. K., 2017, Pedoman Ekskursi Geologi Regional Jawa Barat – 2017, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Harsolumakso. Agus., 2016, “Buku Pedoman Geologi Lapangan”, Jurusan Teknik Geologi ITB, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.