GEOLOGI DAERAH JATIROYOM DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BODEH, KABUPATEN PEMALANG, PROVINSI JAWA TENGAH DAN POTENSI SUMBER DAYA AIR DARI SUMBER MATA AIR UNTUK AIR MINERAL DAERAH SUMBER REJO KECAMATAN KERKAP KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

M. ILHAM HIDAYAT

Abstract


Daerah Jatiroyom dan sekitarnya, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Secara geografis daerah penelitian dibatasi oleh batas-batas lintang dan bujur sebagai berikut: 108° 57’ 20’’ - 109° 1’ 10’’ BT dan 7 ° 37’ 20’’ - 7° 33’ 33’’ LS. Luas wilayah penelitian adalah 7 km x 7 km atau  49 km2. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aspek geomorfologi, tatanan stratigrafi, sturktur geologi, sejarah geologi, dan Potensi Sumber Daya Air dari Sumber Mataair Untuk Air Mineral daerah Sumber Rejo Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah geomorfologi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 3 (tiga) satuan geomorfologi, yaitu Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Satuan Geomorfologi Perbukitan Gunung Api, dan Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Pola aliran sungainya adalah Trellis dan Dendritik dengan stadia sungai dan jentera geomorfik yaitu muda dan dewasa. Genetika Sungai terdiri dari Sungai Subsekuen, Konsekuen dan Obsekuen. Tatanan batuan dari yang tertua hingga termuda adalah Satuan Batuan Batupasir selang-seling Batulempung Formasi Halang, berumur Miosen Akhir sampai Pliosen Awal diendapkan pada lingkungan laut dalam, secara tidak selaras di atasnya di endapkan Satuan Batuan Breksi Vulknik pada kala Pleistosen dan Aluvial sungai yang terdiri dari material lepas lempung hingga bongkah merupakan endapan termuda yang ada didaerah penelitian. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa lipatan dan patahan. Struktur lipatan berupa Antiklin Kedunggong, Sinklin Kwasen, dan Sinklin Kesesi. Sedangkan struktur patahan berupa Sesar mendatar Bacin dan Sesar mendatar Bodeh. Hasil kajian Potensi sumber daya air untuk air mineral di daerah penelitian terdapat tiga lokasi yaitu R1, R2, dan R3 bisa di Prioritaskan berdasarkan capaian lokasi, kondisi lokasi, dan kualitas kimia air tanah. Dengan kisaran debit 1,5-5 liter per detik berupa  mataair depresi dan mataair celahan yang berpola arah baratlaut-tenggara. Dari parameter kandungan fisika dan kimia air tanah ternyata sangat baik dan memenuhi untuk air minum berdasarkan standar baku mutu yang dikeluarkan Depkes No:907/MENKES/SK/VII/2002.

 

Kata-kata kuncijentera, genetika,debit dan NKB.

Full Text:

PDF

References


BAKOSURTANAL, 2001, Peta Rupabumi Digital Indonesia Lembar Bantar bolang No. 1308-644, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Edisi : 1 – 2001, Cibinong, Bogor.

BAKOSURTANAL, 2002, Peta Administratif Provinsi Jawa Tengah, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Cibinong, Bogor.

Bemmelen, R. W. van, 1949, The Geology of Indonesia, Vol. IA: General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes, The Hague, Martinus Nijhoff, vol. 1A, Netherlands.

Blow, W. H. and Postuma J. A., 1969, Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy, Proceeding of The First.

Djuri M, H. Samodra, T.C. Amin, dan S. Gafoer, 1996, Peta Geologi Lembar Purwokerto & Tegal, Jawa, Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung

Noor, D, 2014, Pengantar Geologi, Yogyakarta: Deepublish.

Martodjojo S., dan A. Pulunggono, 1994, Geotektonik Pelau Jawa Sejak Akhir Mesozoik Hingga Kuarter, Makalah Seminar Geologi, Jurusan Teknik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Thornbury, William D., Principles of Geomorphology, Second Edition, John Willey and Sons Inc., New York, London, Sydney, Toronto, 594 p.

Moody J.D., dan Hill M.J., 1956, Wrench Fault Tectonics, Bulletin of the Geological Society of America.

van Zuidam., 1985, dalam Noor, Djauhari, 2014, Pengantar Geologi, Ed.1, Cet. 1, Yogyakarta; Deepublish, ISBN 978-602-280-256-3.

Gafoer S, T.C. Amin, dan R. Pardede 1992, Peta Geologi Lembar Bengkulu Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Davis, S.N & De Weist, 1996, Hidrogeology, John Wiley and Sons, United States of America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.