GEOLOGI DAERAH KROBOKAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN JUWANGI, KABUPATEN BOYOLALI, PROVINSI JAWA TENGAH

ANGGRAENI WIDURI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi geologi Daerah Krobokan dan sekitarnya, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian mencakup geomorfologi, stratigrafi, struktur gelogi dan sejarah geologi. Satuan geomorfologi di daerah penelitian adalah Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan dan Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial. Jentera geomorfik termasuk ke dalam dewasa dan tua. Satuan batuan yang terdapat  di daerah penelitian mulai dari tua ke muda adalah, Satuan Batuan Batupasir Gamingan Selang – seling Batulempung  (Formasi Kerek) yang berumur Miosen Awal – Miosen Akhir (N4 - N15), diendapkan  pada Neritik Luar. Secara selaras diendapkan Satuan Napal Selang-seling Batupasir (Formasi Kalibeng) yang berumur Miosen Akhir – Pliosen (N16-N19) diendapkan pada Neritik Tengah - Neritik Luar.  Secara tidak selaras diatasnya akibat proses orogenesa pada Kala Pliosen diendapkan Satuan Endapan Aluvial yang menutupi batuan dibawahnya dengan batas  bidang erosi. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah lipatan dan patahan. Pembentukan struktur geologi di daerah penelitian terjadi  dalam satu periode tektonik, yaitu  pada  Kala Pliosen dengan arah gaya utama N175oE atau arah umum Utara – Selatan.

Kata Kunci: Geologi, Boyolali, Formasi Kerek, Formasi Kalibeng



Full Text:

PDF

References


Bakosturnal, 1992, Peta Rupabumi Lembar Kedungjati No. 1408-632 dan lembar Karanggede No. 1408-614 dengan skala 1:25.000, Badan Kordonasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Cibinong, Bogor.

Blow, W. H. and Postuma J. A., 1969 “Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonic Foraminifera Biostratigraphy”, Prosceding of The First.

Dunham, R. J., 1962, Classification of Carbonat Rock According to Depositional Texture, Houston, Texas, USA.

Lobeck, A. K., 1939, Geomorphology: An Introduction to the Study of Landscapes, Mc.Graw-Hill Book Company, New York.

Martodjojo. S, dan A. Pulunggono (1994) Geotektonik Pulau Jawa Sejak Akhir Mesozoik Hingga Kuarter, Makalah Seminar Geologi, Jurusan Teknik, Universitas Gajah Mada,Yogyakarta.

Noor, D, 2014, Geomorfologi, Edisi Pertama, Penerbit Depublish (CV Budi Utama), Jalan Kaliurang km.9,3 Yogyakarta 5581. ISBN 602280242-6h.326.

Phleger, F and Parker L. Frances, 1951, Part II, Scripps Institution of Oceanography, La Jolla, California.

Sukardi dan Budhitrisna T.,1992. Geologi Lembar Salatiga - Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Direktorat Geologi dan Sumber Daya Mineral, Bandung.

Thornbury, W.D., 1969, Principles of Geomorphology, John Willey & Sons, New York.

van Bemmelen, R. W., 1949, The Geology og Indonesia, The Hague Martinus Niijhoff, Vol.1A, Netherlands.

Williams, H., Turner, F.J., and Gilbert, C.M., 1954, Petrography an Introduction to The Studu of Rock in thin Sections, W.H. Freeman and Company, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.