ANALSIS PETROFISIKA RESERVOIR BATUPASIR FORMASI AIR BENAKAT, BERDASARKAN DATA LOG, PADA LAPANGAN “PT”, SUMATERA SELATAN

ANDRI YUNAFRISON

Abstract


Cekungan Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah cekungan di Indonesia yang memiliki potensi hidrokarbon cukup besar, berdasarkan petroleum system play Sumatera Selatan terdapat beberapa reservoir yang teridentifikasi salah satunya yang terdapat di Formasi Air Benakat yang membentuk reservoir-reservoir tipis di dalam batupasirnya. Formasi Air benakat merupakan target dari penelitian ini yang termasuk kedalam lapangan “PT”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisik reservoir meliputi clay volume (Vcl), porositas (Ф), saturasi air (Sw), dan permeabilitas (K), yang pada akhirnya dapat ditentukan zona prospek reservoir hidrokarbon di 3 sumur pada lapangan “PT”. Metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kualitatif untuk menentukan suatu zona permeable yang diidentifikasi berdasarkan log gamma ray dan di korelasi dari 3 sumur terdapat 5 zona yaitu sand 1, sand 2, sand 3, sand 4, dan sand 5.Sedangkan untuk analisis kuantitatif dilakukan pada perhitungan sifat fisik reservoir yaitu volume clay dilakukan dengan menggunakan log gamma ray, porositas efektif dilakukan dengan menggunakan gabungan log densitas dan log neutron, saturasi air menggunakan log resistivitas dengan persamaan simandoux dan permeabilitas menggunakan persamaan timur. Setelah itu maka ditentukan zona prospek hidrokarbon. Dari hasil perhitungan meliputi Vclay, Porositas, Saturasi Air dan Permeablitias, zona prospek pada daerah penelitian adalah zand 2 yang memiliki nilai rata – rata Vclay sebesar 20%, Porositas dengan nilai rata – rata 22%, kemudian Saturasi Air dengan nilai rata – rata 34%, dan Permeabilitas dengan nilai rata rata 400mD.

Kata Kunci : Petroleum System Play, Formasi Air Benakat, Reservoir.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1974. Final Report of ”Well 1”. Jambi: Total Indonesia.

De Coster, G. L., 1974, Central and South Sumatra Basins .The Geology of The Proceedings Indonesian Petroleum Association, Third Annual Convention, June 1974, 77- 110.

Ginger, D and K, Fielding. 2005. The Petroleum System and Future Potential of The South Sumatra Basin. Proceedings Indonesian Petroleum Association Thirtieth Annual Convention and Exhibition.

Harsono, A. 1997. Evaluasi Formasi dan Aplikasi Log. Schlumberger Oilfeld Services; Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.