GEOLOGI DAN PETROGENESA ANDESIT DAERAH DONOREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PUNUNG, KABUPATEN PACITAN, JAWA TIMUR

LUKMAN YAHYA

Abstract


Dalam penelitian ini untuk mengetahui kondisi geologi daerah Donorejo dan sekitarnya, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Penelitian mencakup stratigrafi, geomorfologi, struktur geologi dan sejarah geologi. Satuan geomorfologi di daerah penelitian dibagi menjadi 2 satuan geomorfologi, yaitu Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, dan Satuan Geomorfologi Bukit Intrusi. Satuan batuan yang terdapat di daerah penelitian mulai dari tua ke muda adalah, Satuan Batuan Batupasir Tufan Sisipan Breksi Formasi Arjosari yang berumur Miosen Awal (N5-N7), diendapkan pada lingkungan laut dalam yaitu Bathial Tengah. Secara tidak selaras diendapkan Satuan Batuan Batupasir dan Batulempung Sisipan Batubara Formasi Jaten  yang berumur Miosen Tengah (N9-N10), diendapkan pada lingkungan laut dangkal yaitu Neritik Tengah. Secara Selaras diendapkan Satuan Breksi dan Batupasir Formasi Wuni diendapkan pada kala Miosen Tengah (N11-N12), diendapkan pada lingkungan laut dangkal diatas Formasi Jaten. Satuan  (Batu Terobosan) yang memotong batuan diatasnya pada kala Miosen Tengah. Selanjutnya Satuan Batuan Batugamping Formasi Wonosari secara tidak selaras diendapkan diatas Formasi Wuni pada kala Miosen Tengah - Akhir(N14-N16), diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah lipatan dan patahan. Pembentukan struktur geologi di daerah penelitian dimulai pada kala Miosen Akhir - Pliosen, dengan arah gaya N335oE atau relatif utara-selatan.

Kata Kunci: Geologi, Petrogenesa Andesit  Kecamatan Punung




Full Text:

PDF

References


Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, 1999. Peta Rupabumi Digital Indonesia Kebonagung dan Lorok , Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Cibinong, Bogor.

Blow, W. H dan Postuma J. A. 1969, Range Chart, Late Miosen to Recent Planktonik Foraminifera Biostratigraphy, Proceedings of The First.

Dunham, R.J., 1962. Classification of Carbonate Rock According to Depositional Texture. 108- 121.1n : Ham, W.E (ed) Classification of Carbonates rock, Tulsa, Okla.

H.Samodra, S.Gafoer,& Tjokrosapoetro, 1992, Peta Geologi Regional lembar Pacitan 1507-4 Jawa Timur, Skala 1:100.000, Direktorat Geologi, Bandung.

Jakes,P dan White, A.J.R., 1972. Major and Trace Element Abundances in Volcanic Rock of Orogenic Areas. Geological Society of America Bulletin , 83, h.29-

Luthfi, Mustafa, 2010, PrinsipPrinsip Sedimentologi, Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Martodjojo,S. dan Pulunggono, A., 1994, Pola struktur Pulau Jawa (RMKS = Rembang Madura Kangean-Sakala). Makalah Seminar Geologi, Jurusan Teknik, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Miyasiro, A., 1974, Volcanik Rock Series in Island Arcs and Active Continental Margins. Jurnal of science 274 :21-355

Noor, Djauhari, 2010, Geomorfologi, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Noor, Djauhari, 2010, Analisa Stratigrafi, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Phelger, F.B, 1951, Ecology of Foraminifera, Noetwest Gulf of Mexico, GSA Memoir 46

Ringwood,, 1974, The Rock Bock, Quarterly of The Colorado Scool of Mines

Sandi Stratigrafi Indonesia, 1996, Komisi Sandi Stratigrafi Indonesia, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI).

Thornbury, William D.,1954, Principles of Geomorphology, Second Edition,, New York, London, Sydney, Toronto.

VanBemmelen. R., 1949, The Geology of Indonesia, The Hague Martinus Nijhoff, Vol. 1A, Netherlands.

Warren Hamilton, 1979, Tectonics of the Indonesian Region , Washington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.