GEOLOGI DAERAH CIKEUSAL KIDUL DAN SEKITARNYA KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES PROPINSI JAWA TENGAH DAN ANALISIS ZONA HIDROKARBON BERDASARKAN DATA LOG PADA KEDALAMAN 1700 ? 2200 METER

Dian Rani

Abstract


Daerah penelitian yaitu daerah Cikeual Kidul, kecamatan Ketanggungan, kabupaten Brebes, Jawa Tengah terletak lebih kurang 20 km di selatan kota Brebes dengan luas 70 km. Secara fisiografi masuk dalam zona Bogor - Serayu Utara – Kendeng atau tepatnya berada pada Pegunungan Serayu Utara. Geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 2 (dua) satuan geomorfologi, yaitu satuan geomorfologi perbukitan lipat patahan  dan dataran aluvial. Pola aliran sungainya berpola radial,trellis dan  rektangular dengan stadia sungai muda – dewasa dan jentera geomorfik dewasa.

Tatanan stratigrafi satuan batuan tertua hingga termuda adalah batulempung gampingan  sisipan batupasir (Formasi Pemali), berumur Miosen Awal atau N6 - N8 yaitu dengan hadirnya fosil Globorotalia trillobus, Globorotalia archeominardii, Globigerinoides sacculiferus dan Globigerina praebulloides. Diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Satuan batupasir selang seling batulempung sisipan breksi (Formasi Halang) diendapkan diatas Formasi Pemali pada kala Miosen Akhir atau N14-N18 yaitu dengan hadirnya fosil Globigerina praebulloides, Globorotalia tumida, Orbulina universa, Globigerinoides immaturus danGlobigerina nepenthes. Diendapkan pada lingkungan laut dalam. Hubungan stratigrafi antara kedua formasi ini tidak selaras, karena tidak terjadi pengendapan pada N9 – N13. Aluvial sungai yang terdiri dari material lepas lempung hingga bongkah merupakan endapan termuda yang ada didaerah penelitian.

Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian berupa kekar, lipatan dan patahan. Kekar yang dijumpai jenis kekar gerus,tension, dan release. Struktur perlipatan berupa struktur antiklin Buara, Cikeusal Lor dan Pamedaran, serta struktur-strukktur sinklin Limbangan, Pamedaran dan Belandongan. Struktur sesar yang dijumpai adalah sesar naik Karacak dan sesar-sesar mendatar  Cikuya, Pamedaran dan Sindang Jaya. Keseluruhan struktur yang ada di daerah penelitian  terjadi dalam satu perioda tektonik, yaitu pada kala Plio - Plistosen (N19 – N23) dengan arah gaya pembentuk sesar pada daerah penelitian yaitu baratdaya-timurlaut dengan arah sesar menganan.

Kata Kunci : Zona Hidrokarbon meliputi Gamma ray, Resistivitas, Neutro dan Densitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.