GEOLOGI DAERAH PAPRINGAN DAN SEKITARNYA KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO JAWA TIMUR

RIZAL ARIEF HASYIM

Abstract


Dalam penelitian  ini untuk mengetahui kondisi geologi daerah Papringan dan sekitarnya, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Penelitian mecakup stratigrafi, geomorfologi, struktur geologi dan sejarah geologi.

Satuan geomorfologi di daerah penelitian dibagi menjadi tiga satuan geomorfologi, yaitu Satuan Geomorfologi Perbukitan Lipat Patahan, Satuan Geomorfologi Dataran Lipat Patahan dengan jentera geomorfik masuk ke dalam tahapan dewasa, serta Satuan Geomorfologi Dataran Aluvial dengan jentera geomorfik masuk tahapan muda.

 Satuan batuan yang terdapat di daerah penelitian mulai dari tua ke muda adalah, Satuan Batuan Batulempung Formasi Kalibeng yang berumur Miosen Atas sampai Pliosen (N17-N19), diendapkan pada lingkungan laut dalam yaitu bathial atas. Secara selaras diatas Satuan Batuan Batulempung, diendapkan Satuan Batupasir Selang-seling Batulempung Sisipan Batugamping Formasi Sonde, menjemari dengan Satuan Batuan Batugamping Sisipan Batupasir Formasi Klitik, pada kala Pliosen (N20-N21) di lingkungan laut dangkal, yaitu neritik tengah-neritik luar. Selanjutnya Satuan Endapan Aluvial menutupi satuan batuan yang ada di bawahnya, dengan dibatasi oleh bidang erosi, proses pengendapan satuan ini masih berlangsung sampai sekarang.

Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian adalah lipatan dan patahan. Pembentukan struktur geologi di daerah penelitian dimulai pada kala Plistosen, dengan arah gaya N5oE atau relatif utara-selatan.

Kata Kunci: Geomorfologi, Stratigrafi, Struktur Geologi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.